Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Isu Palestina Untungkan Politikus yang Terjerat Kasus e-KTP

Selasa, 19 Desember 2017 – 19:21 WIB
Isu Palestina Untungkan Politikus yang Terjerat Kasus e-KTP - JPNN.COM
Aksi Bela Palestina. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ziyad Falahi menilai, isu Palestina kurang berpengaruh terhadap politik di Indonesia, jelang Pemilu 2019 mendatang.

Pasalnya, polemik Palestina ‎selama ini adalah roller coaster dalam diskursus perpolitikan. Hilang dan timbul dengan sendirinya.

Alasan lain, meski konflik Palestina kali ini berskala besar, tapi cara politikus dalam negeri dalam memainkan isu tersebut cenderung membosankan. Mereka pun tak mampu memberikan pendidikan yang baik bagi masyarakat.

"‎Termasuk peran politikus yang berasal dari partai berasaskan Islam, belum mampu memberi edukasi secara ilmiah bagi publik. Tema solidaritas sangat membosankan," ujar Ziyad kepada JPNN, Selasa (19/12).

Ziyad melihat, dalam hal ini justru yang diuntungkan politikus yang diduga tersangkut kasus dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Pasalnya, di saat tokoh dan rakyat ramai-ramai membicarakan Palestina, pemberitaan terkait kasus e-KTP justru terlupakan.

Padahal, kerugian negara akibat korupsi yang telah membuat mantan Ketua DPR Setya Novanto jadi penghuni sel tahanan itu mencapai triliunan rupiah.

"Jadi saya kira, yang diuntungkan bukan partai politik, tapi politikus yang terkena kasus e-KTP," pungkas direktur Pusat Kajian Survei Opini Publik ini.(gir/jpnn)

Ramainya isu Palestina membuat kasus e-KTP luput dari sorotan publik dan membuat mereka yang terlibat tersenyum

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close