Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jaksa Minta Eksepsi Muchdi Ditolak

Kamis, 04 September 2008 – 17:18 WIB
Jaksa Minta Eksepsi Muchdi Ditolak - JPNN.COM
JAKARTA-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cirus Sinaga.merasa yakin surat dakwaan yang dibacakan pada sidang perdana terdakwa Muchdi Purwopranjono di PN Jakarta Selatan sudahjpnn.com - Sementara itu alasan-alasan keberatan yang dilontarkan penasihat hukum terdakwa, JPU menilai tidak relevan untuk menjadi dasar pembatalan surat dakwaan. Beberapa hal yang menjadi keberatan dari penasihat hokum terdakwa, di antaranya adalah mengenai locus delicti (tempat kejadian) perkara dan PN Jakarta Selatan tidak berwenang untuk mengadili perkara tersebut.

Disampaikan pula dalam tanggapan JPU, perbuatan terdakwa yang menganjurkan, memberikan kesempatan dan sarana kepada Pollycarpus dilakukan di Kantor BIN, kawasan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selain itu, sebagian besar saksi bertempat tinggal dan lebih mudah akses transportasinya jika proses persidangan digelar di PN Jakarta Selatan."Sesuai pasal 84 ayat (2) KUHAP bukan saja tempat tinggal terdakwa yang menjadi pertimbangan. Namun, dari jumlah saksi sebanyak 19 orang berdomilisi di wilayah hukum di PN Jakarta Selatan,” imbuh JPU Cirus Sinaga.

Sementara itu, atas tudingan bahwa kasus ini ada intervensi atau tekanan politik internasional dan nasional dalam proses penyidikan hingga proses persidangam, JPU mengatakan tidak ada bukti relevan yang menunjukkan adanya intervensi tersebut. “Kami meminta kepada majelis hakim untuk menolak dan menyatakan eksepsi penasihat hukum tidak dapat diterima, dan menerima, menyatakan surat dakwaan JPU sesuai dengan syarat formil, menetapkan pemeriksaan perkara atas nama Muchdi Purwopranjono,” tegas JPU.  Atas eksepsi dan tanggapan JPU ini, Majelis Hakim yang dipimpin Suharto akan membacakan putusan sela pada persidangan selanjutnya pada hari Selasa (9/9) mendatang.(rie/JPNN)

JAKARTA-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cirus Sinaga.merasa yakin surat dakwaan yang dibacakan pada sidang perdana terdakwa Muchdi Purwopranjono di PN

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close