Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JAL Beli Pesawat Airbus Senilai Rp 109 Triliun

Senin, 07 Oktober 2013 – 18:43 WIB
JAL Beli Pesawat Airbus Senilai Rp 109 Triliun - JPNN.COM

jpnn.com - TOKYO--Produsen pesawat Airbus telah mengumumkan kesepakatan pertama dengan operator penerbangan asal Jepang Japan Airlines (JAL). Airbus memenangkan order pembelian 31 buah pesawat A350 oleh JAL dalam sebuah kesepakatan senilai hampir USD 9,5 miliar atau sekitar Rp 109 triliun. A350 ini dirancang untuk menjadi lebih hemat bahan bakar dan merupakan pesaing langsung pesawat keluaran Boeing 787 Dreamliner, yang telah terpukul oleh masalah keamanan dan masalah teknis dalam beberapa bulan terakhir.

Kesepakatan itu merupakan pukulan bagi Boeing, yang merupakan rival utama Airbus dan telah mendominasi pasar penerbangan Jepang. "Ini adalah pesanan terbesar tahun ini untuk A350 yang pernah kami terima dari sebuah maskapai penerbangan Jepang," kata Fabrice Bregier, kepala eksekutif Airbus seperti dilansir BBC (7/10).

Menurut kesepakatan itu, JAL juga memiliki opsi membeli tambahan 25 pesawat. Dalam beberapa tahun terakhir, industri pembuatan pesawat menderita karena penurunan permintaan dan volatilitas tinggi harga bahan bakar global.

"Saya harus mengatakan ini adalah sebuah terobosan dalam pemesanan pesawat," sambungnya.

Boeing sendiri sedang dalam penyelidikan setelah serangkaian peristiwa kecelakaan dan kebakaran. Kondisi inilah yang membuat banyak operator terkemuka beralih ke pesawat yang lebih hemat bahan bakar untuk mengurangi biaya dan mempertahankan keuntungan.

Airbus mengklaim A350 akan menggunakan sekitar 25 persen lebih sedikit bahan bakar pesawat berbadan lebar generasi sebelumnya. Mereka telah memiliki 725 pesanan untuk pesawat jenis ini sebelum mengamankan kesepakatan dengan JAL.

Perusahaan asal Perancis ini berharap untuk mulai mengirimkan pesawat A350 pertama kepada pelanggan pada akhir 2014.

Sementara itu, Yoshiharu Ueki, Presiden Japan Airlines, mengatakan pesawat baru ini akan menawarkan tingkat efisiensi operasional dan daya saing produk. Juga membantu maskapai memenuhi peluang bisnis baru setelah slot penerbangan di Bandara Tokyo meningkat. (esy/jpnn)

TOKYO--Produsen pesawat Airbus telah mengumumkan kesepakatan pertama dengan operator penerbangan asal Jepang Japan Airlines (JAL). Airbus memenangkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com