Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang HUT RRC, Xi Jinping dan Elite Partai Komunis Lakukan Ritual di Tiananmen

Jumat, 30 September 2022 – 18:53 WIB
Jelang HUT RRC, Xi Jinping dan Elite Partai Komunis Lakukan Ritual di Tiananmen - JPNN.COM
Personel Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengusung karangan bunga pada upacara peringatan Hari Martir di Lapangan Tiananmen, Beijing, Jumat (30/9/2022). Foto: ANTARA/CFP

jpnn.com, BEIJING - Presiden China Xi Jinping menghadiri peringatan Hari Martir dengan meletakkan karangan bunga di Lapangan Tiananmen, Beijing, Jumat.

Xi bersama sejumlah pemimpin Partai Komunis China (CPC) dan pejabat pemerintah lainnya bersama perwakilan dari semua lapisan masyarakat meletakkan karangan bunga di tugu di tengah Lapangan Tiananmen.

Hari Martir diperingati sehari menjelang Hari Nasional yang menandai berdirinya Republik Rakyat China dan dua pekan menjelang Kongres Nasional ke-20 CPC yang dibuka pada 16 Oktober 2022.

Xi dan para pemimpin CPC dan pejabat pemerintah menyanyikan lagu kebangsaan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta kepada mereka yang berkorban nyawa untuk rakyat dan pembangunan RRC.

Pada 30 September 1949 atau 73 tahun yang lalu, Sidang Pertama Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat China (CPPCC) memutuskan untuk membangun Monumen Pahlawan Rakyat China di Lapangan Tiananmen untuk menghormati mereka yang berjuang untuk rakyat.

Dari tahun 1921 hingga 1949, lebih dari 3,7 juta martir dari kalangan revolusioner CPC. Sejak merebaknya COVID-19 pada 2020, hampir 400 anggota CPC telah mengorbankan nyawa mereka untuk memerangi pandemi. Lebih dari 1.800 anggota CPC juga mengorbankan nyawa mereka dalam berjuang mengentaskan kemiskinan, demikian media China.

Pada 2014 parlemen China menyetujui 30 September sebagai Hari Martir untuk memperingati mereka yang mengorbankan jiwa untuk kemerdekaan dan kemakmuran nasional.

Selain Beijing, beberapa kota lainnya, seperti Guangzhou dan Nanjing juga menggelar upacara yang sama. (ant/dil/jpnn)

Sehari menjelang Hari Nasional yang menandai berdirinya Republik Rakyat China, Xi Jinping beserta elite partai komunis lainnya melakukan ritual

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close