Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Pelantikan Jokowi - Ma'ruf, Effendi Simbolon Singgung Gejolak Parpol

Sabtu, 20 Juli 2019 – 15:55 WIB
Jelang Pelantikan Jokowi - Ma'ruf, Effendi Simbolon Singgung Gejolak Parpol - JPNN.COM
Effendi Simbolon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon menyinggung banyaknya partai politik (parpol) yang internalnya bergejolak menjelang pelantikan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin. Effendi mengaku tidak terjadi di internal partainya.

"Kami bersyukur PDIP tetap baik dan dinamis, demokrasi terbuka sehat, tumbuh segar. Kami bersyukur tidak seperti partai lain banyak turbulensinya," kata Effendi dalam diskusi 'Ngebut Munas Parpol, Jelang Kabinet Baru' di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (20/7).

BACA JUGA: Effendi Simbolon: Tanpa Bu Mega, Tidak Ada PDIP

Effendi menjelaskan, tidak terjadi kekisruhan di PDIP lantaran memiliki faktor identik yang menjadi pembeda dari partai lain. Faktor sejarah juga menjadi alasan penting PDIP hingga saat ini berjalan sangat dinamis.

"Saya kira ada perbedaaan dari kromosom dari sejarah kelahirannya. PDIP identik sebuah perlawan massa yang sangat otoriter, jadi kelahiran PDIP sangat fenomenal, sangat memiliki historis kuat," ujar Effendi.

BACA JUGA: Pileg Ibarat Menu Tambahan Pilpres di Pemilu Serentak

Selain itu, Effendi bersyukur kekondusifan PDIP dapat dirasakan hingga ke ranting-ranting di daerah. Effendi juga memastikan kekondusifan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu bisa bertahan hingga puluhan tahun kedepan.

"Kepemimpinan ibu (Megawati, red) sampai sekarang, kami perkirakan sampai lima, sampai sepuluh tahun yang akan datang akan stabil seperti saat ini," tutup Effendi. (tan/jpnn)

Faktor sejarah salah satu menjadi alasan penting PDIP hingga saat ini berjalan sangat dinamis di internal.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close