Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jepang Sambut Wakil Rakyat dari Kaum Difabel

Sabtu, 03 Agustus 2019 – 08:57 WIB
Jepang Sambut Wakil Rakyat dari Kaum Difabel - JPNN.COM
Yasuhiko Funago dan Eiko Kimura, dua penyandang disabilitas pertama yang jadi anggota parlemen Jepang. Foto: AFP

jpnn.com, TOKYO - Yasuhiko Funago dan Eiko Kimura tiba di gerbang Gedung Parlemen Jepang Kamis (1/8). Selain media, sejumlah orang tampak antusias menyambut mereka. Itu menjadi hari pertama dua politikus Partai Reiwa Shinsengumi tersebut ngantor ke gedung parlemen. Mereka tercatat sebagai anggota dewan penasihat di sana.

Tidak hanya di pintu masuk, Funago dan Kimura juga dielu-elukan di dalam ruangan. Sebab, untuk kali pertama, Jepang mempunyai wakil rakyat dari kaum difabel.

"Saya tidak tahu akan disambut banyak orang," ujar Funago sebagaimana disampaikan perawatnya kepada Agence France-Presse.

BACA JUGA: Pemuda Difabel Penuh Talenta Ini Bikin Kemenpora Bangga

Funago yang kini berusia 61 tahun dulu adalah pengusaha. Karirnya berubah setelah terserang amyotrophic lateral sclerosis (ALS) sekitar dua dekade lalu.

Penyakit itu membuat gerak-geriknya sangat terbatas. Jangankan bergerak, bicara saja harus dengan bantuan alat. Namun, keterbatasan itu tidak melumpuhkan ide dan pikiran kritisnya.

Sebagai difabel, Funago dan Kimura merasa pemerintah belum memperhatikan mereka. Karena itulah, mereka nyemplung ke parlemen. "Perjalanan untuk mengubah sistem masih panjang. Tapi, kami akan bekerja keras," ujar Kimura. (bil/c12/hep)

Yasuhiko Funago dan Eiko Kimura tiba di gerbang Gedung Parlemen Jepang Kamis (1/8). Untuk pertama kalinya Jepang mempunyai wakil rakyat dari kaum difabel

Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close