Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Berpotensi Kalah Jika JK-AHY Bisa Berduet

Selasa, 03 Juli 2018 – 19:24 WIB
Jokowi Berpotensi Kalah Jika JK-AHY Bisa Berduet - JPNN.COM
Said Salahudin. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Said Salahudin memprediksi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 santat mungkin diikuti tiga kontestan. Menurutnya, di luar koalisi pengusung Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, sangat mungkin muncul duet Jusuf Kalla-Agus Harimurti Yudhoyon (JK-AHY)

"Kalau ini yang terjadi, maka kemungkinan besar Pilpres 2019 nantinya bakal dua putaran. Saya memprediksi suara akan terbagi tiga, sebagian pendukung Prabowo dan sebagian pendukung Jokowi akan beralih ke JK-AHY," ujar Said kepada JPNN, Selasa (3/7). 

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) itu menambahkan, jika suara terbagi tiga maka kemungkinan tidak ada pasangan calon yang meraih suara di atas 50 persen dengan sebaran di setengah jumlah provinsi dan perolehan di masing-masing provinsi 20 persen. Dengan demikian, pilpres akan berlanjut ke putaran kedua.

"Parpol pendukung paslon yang kalah di putaran pertama tentu akan menentukan sikap. Bargaining position-nya malah lebih tinggi, karena dua paslon yang berlaga sangat membutuhkan dukungan dari yang kalah untuk memenangi putaran kedua," ucapnya. 

Said memprediksi Jokowi sebagai petahana akan masuk putaran kedua. Namun, dalam prediksinya, siapa pun yang menjadi penantang Jokowi di putaran kedua Pilpres 2019 akan berpotensi menang.

"Jokowi lebih berpotensi kalah dibanding menang jika pilpres dua putaran. Berbeda kalau satu putaran, Jokowi lebih berpotensi menang. Karena dua putaran itu waktunya lebih panjang, pemilih bisa menilai hasil putaran pertama. Itulah yg terjadi di Pilgub DKI, pendukung AHY-Sylvi memberi suara lebih banyak ke Anies Baswedan-Sandiaga Uno," pungkas Said.(gir/jpnn)

Said Salahudin memprediksi Joko Widodo (Jokowi) akan kalah jika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berlangsung dua putaran sebagaimana Pilkada DKI 2017.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Visa Diaspora

    Senin, 06 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Visa Diaspora - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Spesialis Permenkes

    Minggu, 05 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Spesialis Permenkes - JPNN.com
  • Humaniora

    Presiden Jokowi Senang Produksi Jagung Meningkat di Sumbawa NTB

    Kamis, 02 Mei 2024 – 19:22 WIB
    Presiden Jokowi Senang Produksi Jagung Meningkat di Sumbawa NTB - JPNN.com
  • Bisnis

    Menko Airlangga dan Sekjen OECD Bahas Akselerasi Keanggotaan Indonesia

    Kamis, 02 Mei 2024 – 16:12 WIB
    Menko Airlangga dan Sekjen OECD Bahas Akselerasi Keanggotaan Indonesia - JPNN.com
X Close