Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi dan Kelompok Cikeas Beruntung

Sabtu, 19 Agustus 2017 – 16:15 WIB
Jokowi dan Kelompok Cikeas Beruntung - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (paling kanan) bersama Presiden RI Ketiga BJ Habibie, Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Kepresidenan, Kamis (17/8). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Dua momentum yang melibatkan Joko Widodo dan keluarga Susilo Bambang Yudhoyono dalam beberapa hari belakangan, menjadi perhatian publik. Secara politis, momen tersebut menguntungkan Jokowi dan Kelompok Cikeas (Demokrat dan kawan-kawan).

Momen pertama adalah kunjungan putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Istana, Kamis (10/8) lalu. Kedua, pertemuan antara SBY dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri pada peringatan HUT ke-72 RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8) kemarin.

"Memang ada sinyal kuat Demokrat akan masuk ke pemerintahan. Tapi yang paling penting, ada kesan kuat bahwa AHY ingin membangun hubungan dengan Presiden Jokowi," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (LAPI) Maksimus Ramses Lalongkoe kepada JPNN, Sabtu (19/8).

Menurut Ramses, jika dari dua momen tersebut hubungan Demokrat dengan pemerintah makin dekat, tak tertutup kemungkinan partai berlambang mercy bakal mendapat jatah kursi menteri, jika Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat.

"Saya kira bisa saja terjadi (Demokrat masuk kabinet,red) sepanjang terjadinya komunikasi yang baik dan adanya kesamaan cara pandang dan juga kesamaan kepentingan," kata Ramses.

‎"Tapi intinya secara politik dua momentum itu membuat citra Jokowi positif dan Kelompok Cikeas juga makin diterima," pungkas pengamat politik dari Universitas Mercu Buana ini. (gir/jpnn)

Dua momentum yang melibatkan Joko Widodo dan keluarga Susilo Bambang Yudhoyono dalam beberapa hari belakangan, menjadi perhatian publik. Secara politis,

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close