Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Ingatkan Jangan Cuma Buru-buru Menutup Kota

Senin, 14 September 2020 – 13:35 WIB
Jokowi Ingatkan Jangan Cuma Buru-buru Menutup Kota - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta adanya penanganan yang lebih detail terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengingatkan jangan sampai kepala daerah hanya menutup akses suatu kota.

"Perlu saya ingatkan kembali bahwa keputusan-keputusan dalam merespons penambahan kasus di provinsi, kabupaten, maupun kota, saya minta semuanya selalu melihat data sebaran," kata Jokowi dalam rapat terbatas tentang Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (14/9).

Jokowi mengaku sudah mengingatkan berkali-kali untuk penerapan strategi berbasis lokal, baik aspek intervensi maupun pembatasan. Aspek terendah misalnya di tingkat RT, RW hingga kampung.

"Sehingga penanganannya lebih detail dan bisa lebih fokus. Karena dalam sebuah provinsi misalnya ada 20 kabupaten atau kota tidak semuanya berada pada posisi merah semuanya, sehingga penanganannya tentu saja jangan digeneralisasi," jelas Jokowi.

Jokowi memandang setiap provinsi pasti ada yang zona hijau dan kuning. Karena itu butuh pendekatan yang berbeda-beda pula.

"Oleh sebab itu, sekali lagi strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik itu manajemen intervensi yang dalam skala lokal maupun dalam skala komunitas. Sehingga sekali lagi jangan buru-buru menutup sebuah wilayah, menutup sebuah kota, menutup sebuah kabupaten," jelas Jokowi.

Jokowi mengingatkan semua pihak agar bekerja berbasiskan data sehingga langkah-langkah intervensi bisa berjalan lebih efektif dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lapangan.

"Sekali lagi manajemen penanganan klaster-klaster transmisi lokal ini yang perlu ditingkatkan terutama di delapan provinsi yang mejadi prioritas yang sudah sejak dua bulan lalu saya sampaikan," jelas dia.(tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Presiden Joko Widodo meminta semua pihak tidak asal menutup suatu kota. Perlu ada pendekatan yang mendetail, lokal dan berbasis data sebelum mengambil keputusan.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close