Jokowi: Jangan Bicara Natuna Terus

Sabtu, 18 Januari 2020 – 10:40 WIB
Jokowi: Jangan Bicara Natuna Terus - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Dok. Antara

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sikapnya terkait kapal-kapal asing termasuk asal China di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Perairan Indonesia da utara Natuna sendiri terdiri dari wilayah teritorial maupun Zona Ekonomi Eksklusif yang ditetapkan berdasarkan UNCLOS 1982. ZEE, menurut Jokowi, bisa dimasuki oleh siapa pun.

"Sudah jelas kalau masuk ke teritorial itu kedaulatan, tapi ke ZEE semua kapal diperbolehkan tetapi jangan mengambil sumber daya laut kita. Itu yang kita tangkap. Regulasinya jelas enggak usah diulang-ulang," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1).

Tanggung jawab penjagaan wilayah kedaulatan maupun hak berdaulat Indonesia di ZEE, kata Kepala Negara, ada TNI hingga jajaran kementerian dan lembaga. Wilayah yang dijaga juga tidak hanya Natuna.

"Tanggung jawab siapa? Itu Angkatan Laut kita, ada Bakamla, KKP, di situ. Tetapi kita juga harus sadar bentang laut kita luas sekali. Jangan bicara Natuna terus tahu-tahu di Maluku diserbu (kita) enggak tahu," kata Presiden ketujuh RI ini. (fat/jpnn)

TAGS   Natuna  ZEE  China  kapal 
loading...