Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jokowi Resmi Lantik Ketua MA, Dulunya Anak Buah Hatta Ali

Kamis, 30 April 2020 – 10:44 WIB
Jokowi Resmi Lantik Ketua MA, Dulunya Anak Buah Hatta Ali - JPNN.COM
Mahkamah Agung. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Syarifuddin sebagai ketua Mahkamah Agung (MA) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (30/4).

Syarifuddin yang dulunya wakil ketua MA bidang Yudisial menggantikan Hatta Ali dalam rangka pensiun dari jabatan ketua MA.

Pergantian itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 41/P tahun 2020 tentang Pemberhentian dengan Hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan Pengangkatan Ketua MA tertanggal 21 April 2020.

Proses pengangkatan Syarifuddin dilakukan dengan upacara resmi. Syarifudin juga membacakan sumpah jabatan yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Syarifuddin.

Setelah pengucapan sumpah jabatan, Presiden Jokowi menandatangani surat keputusan jabatan Syarifuddin sebagai Ketua MA.

Selain Syarifuddin, Presiden Jokowi juga melantik hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul untuk masa jabatan 2020-2025. Manahan sendiri sebelumnya sudah menjabat sebagai hakim MK periode 2015-2020.

Prosesi pelantikan dilangsungkan dengan protokol kesehatan Covid-19. Presiden dan tamu undangan tampak mengenakan masker dan diberikan jarak antara satu dengan lainnya. (tan/jpnn)

loading...