Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Resmikan PLTS di NTT, Keuntungannya Luar Biasa

Senin, 28 Desember 2015 – 04:55 WIB
Jokowi Resmikan PLTS di NTT, Keuntungannya Luar Biasa - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara meresmikan PLTS di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Minggu (27/12). FOTO: Timor Ekspress/JPNN.com

jpnn.com - KUPANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Minggu (27/12).

General Manager PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur menjelaskan, sistem PLTS Grid-Connected yang digunakan pada PLTS ini memungkinkan pembangkit tenaga surya ini bekerja secara paralel dan terhubung langsung dengan jaringan listrik utama di Kota Kupang. Jaringan ini tidak menggunakan sistem baterai karena listrik yang dihasilkan langsung dialirkan ke jaringan listrik eksisting pada siang hari.

Sistem ini terdiri dari rangkaian panel modul surya, sistem inverter, sistem proteksi elektrik, dan perangkat interkoneksi jaringan. Sistem PLTS Grid-Connected ini sudah dibangun di dua lokasi yaitu Bangli dan Karangasem, Bali dengan total daya masing-masing sebesar 1 MWp.

Dalam dua minggu ini telah dilakukan uji coba IPP PLTS Oelpuah, dan berhasil memasok listrik sebesar 4 MWp. Di musim hujan seperti sekarang ini, PLTS ini tetap mampu menyalurkan listrik sebesar 27 persen dari kapasitas normal.

“Jadi tidak seperti PLTS lain yang menggunakan baterai. Kalau yang ini dia hanya berfungsi ketika ada matahari. Kalau malam tidak bisa. Tetapi pada saat siang hari dan tidak ada awan, sangat maksimal dan membantu sekali untuk memenuhi kebutuhan kita di Kota,” jelas Richard seperti dilansir Harian Timor Ekspress (Grup JPNN.com).

Dirut PT. Len Industri, Abraham Mose menjelaskan, keuntungan dari PLTS 5 MWp tersebut adalah menghemat bahan bakar solar hingga 7.500 liter per hari dan menghemat karbon diogsinda sekira 17.500 ton.

“Ini adalah prinsip green energy yang memang biaya investasi awalnya mahal, tetapi biaya operasinya murah dan menjadi satu pilihan pengembangan listrik di daerah pulau-pulau,” terang Abraham yang sedang merencanakan pembangunan PLTS serupa di NTT lagi.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Sabtu (26/12) menjelaskan, kehadiran presiden saat Natal Nasional di NTT merupakan sebuah kebanggaan besar. Gubernur mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan ketentraman saat acara tersebut berlangsung.(cel/krf5/fri/jpnn)

KUPANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close