Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar dari KedaiKOPI: Basuki, Bambang dan Susi Tetap jadi Menteri

Selasa, 18 Juni 2019 – 13:01 WIB
Kabar dari KedaiKOPI: Basuki, Bambang dan Susi Tetap jadi Menteri - JPNN.COM
Susi Pudjiastuti. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Hendri Satrio menilai periode kedua Presiden Joko Widodo alias Jokowi, bila ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019, akan sangat krusial.

Suami Iriana itu tidak akan sembarangan dalam memilih para menterinya. "Periode kedua ini kan menjadi krusial buat Jokowi, karena dia pasti akan meninggalkan legacy yang manfaat, yang dikenang dan bisa jadi monumen kejayaan Jokowi yang akan diingat oleh sejarah," ucap Hendri di Jakarta, Selasa (18/6).

Oleh karena itu, lanjut pendiri lembaga KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) ini, Jokowi tidak akan sembarangan dalam menempatkan orang yang belum berpengalaman atau belum terbiasa dengan bidangnya.

Berkaca pada periode pertama Kabinet Kerja, kata Hendri, Jokowi terbilang berhasil karena sejumlah posisi penting dijabat orang yang tepat dan mampu menerjemahkan visi misi mantan wali kota Solo itu.

"Misalnya Pak Basuki (Hadimuljono), Bambang Brodjonegoro atau Susi Pudjiastuti. Ini kan orang-orang yang bisa menerjemahkan visi misi Jokowi. Makanya tunggu nih di periode kedua, siapa saja oang-orang yang dipilih Jokowi," jelasnya.

BACA JUGA: Jokowi Bicara soal Peluang Adian Napitupulu jadi Menteri

Selain itu, tambah Hendri, para calon menteri Jokowi ke depan tidak cukup hanya mampu menerjemahkan visi misinya dia ke depan, tetapi juga arus mampu bekerja sama dengan birokrasi di bawahnya.

"Jadi kalau hanya bisa menerjemahkan visi misi Jokowi tanpa bisa bekerja sama dengan birokrasi di bawahnya, akan percuma nantinya," tandas pengajar di Universitas Paramadina ini. (fat/jpnn)

Basuki, Bambang dan Susi dianggap bisa menerjemahkan visi dan misi Presiden Joko Widodo.

Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close