Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar dari WHO: Hewan Peliharaan Tidak Menularkan Virus Corona

Sabtu, 01 Februari 2020 – 08:22 WIB
Kabar dari WHO: Hewan Peliharaan Tidak Menularkan Virus Corona - JPNN.COM
Petugas medis melakukan perawatan terhadap sejumlah pasien terjangkit virus Corona, di Central Hospital di Wuhan, Tiongkok, Sabtu (25/1/2020) menurut foto yang diunggah di medsos. Foto: ANTARA FOTO/Reuters/ama.

jpnn.com, BANDUNG - Organisasi kesehatan dunia atau WHO menyampaikan informasi terbaru bahwa virus corona tidak ditularkan oleh hewan peliharaan.

Wakil Ketua Tim Khusus Infeksi Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, Anggraeni Alam menyampaikan hal tersebut, menanggapi isu yang beredar di masyarakat.

"Masyarakat diminta tidak khawatir dengan isu yang menyatakan bahwa virus corona bisa menular melalui hewan peliharaan," kata Anggraeni Alam, dalam acara Jabar Punya Informasi atau Japri di Lobi Museum Gedung Sate Bandung, Jumat (31/1).

Dijelaskan Anggraeni, berdasarkan informasi dari World Health Organization atau WHO yang diterimanya Jumat pagi dinyatakan bahwa virus tersebut tidak menular lewat hewan peliharaan.

Selama ini jarak antara manusia dengan hewan semakin dekat dan juga peredaran hewan peliharaan yang semakin cepat di zaman serba modern ini.

"Kita saat ini memang semakin borderless (tanpa batas), transportasi sudah bukan main. Antara hewan dan manusia semakin dekat," katanya.

Dikatakan, selama ini hanya ada dugaan-dugaan sumber penularan virus ini dari ular atau kelelawar dan muncul beberapa keraguan dalam beberapa penelitian lanjutannya, karena biasanya virus disebarkan oleh burung.

 

Anggraeni Alam mengatakan, kabar dari WHO menyebutkan bahwa hewan peliharaan tidak menularkan virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close