Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabareskrim Harus Berpengalaman di Reserse

Senin, 28 Oktober 2013 – 16:53 WIB
Kabareskrim Harus Berpengalaman di Reserse - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA -- Anggota Kompolnas M. Nasser enggan menyebut nama calon Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri pengganti Komjen Sutarman yang kini menjabat Kapolri.

Menurut Nasser, itu merupakan kewenangan Kapolri serta Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri. "Kita tidak boleh menyebut nama karena itu adalah kewenangan beliau," ujar Nasser di Mabes Polri, Senin (28/10).

Kendati demikian, Nasser ingin orang yang dipilih sebagai Kepala Bareskrim itu merupakan mereka yang memiliki banyak pengetahuan, keterampilan dan penugasan di reserse sebelumnya.

"Jadi, dia punya riwayat reserse yang baik. Kedua, orang ini terkenal integritasnya baik. Ini tidak hanya soal kerja, tapi juga integritas," bebernya.

Dia menegaskan, Kabareskrim juga orang punya keberanian untuk menindak. "Karena persoalan terbesar polri di lapangan adalah reserse," paparnya.

Dicontohkan Nasser masalah itu seperti persoalan perdata digeser ke pidana, penyidik yang merekayasa perkara, penyidik yang bekerjasama dengan berbagai pihak dan memihak salah satu yang bersengketa. "Itu semua orang sudah tahu. Ini yang harus ada arahan keberanian memotong ini semua. Ini dia (tugas) Kabareskim, pembina fungsi tertinggi reserse," kata dia.

Apakah Kompolnas bisa ajukan nama? Nasser menegaskan, Kompolnas hanya dalam posisi memberikan saran dan pertimbangan kepada Kapolri untuk memilih calon Kabareskrim. "Kita akan menyurati Kapolri secepatnya. Kami juga minta pejabat utama terima masukan Kompolnas," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA -- Anggota Kompolnas M. Nasser enggan menyebut nama calon Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri pengganti Komjen Sutarman yang kini menjabat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA