Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat: Kabinet Indonesia Maju Hasil Rekonsiliasi Semu

Sabtu, 26 Oktober 2019 – 21:10 WIB
Pengamat: Kabinet Indonesia Maju Hasil Rekonsiliasi Semu - JPNN.COM
Pengamat Politik, Adi Prayitno. Foto: Dok.UIN Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai tidak tepat kalau Kabinet Indonesia Maju disebut sebagai hasil rekonsiliasi.

Menurut Adi, kabinet ini bisa disebut hasil rekonsiliasi semu. Pasalnya, yang diajak hanya Partai Gerindra, sementara PKS, PAN dan Partai Demokrat, tidak.

Menurut dia, kalau takut oposisi protes tidak karuan, mengapa hanya Partai Gerindra yang diajak bergabung. "Seakan tukang protes (di Senayan) hanya Gerindra,” kata Adi dalam diskusi "Kabinet Bikin Kaget" di Jakarta, Sabtu (26/10).

Padahal, kata Adi, PKS, PAN, Partai Demokrat, juga kerap melakukan protes. Oleh karena itu, dia mempertanyakan mengapa ketiga partai tersebut tidak diajak bergabung dalam kabinet. "Kenapa tidak diajak sekalian, rekonsiliasi selesai," ujarnya.

Karena itu, kata dia, kalau kabinet atas nama rekonsiliasi, ini hanya rekonsiliasi setengah hati karena hanya untuk Prabowo Subianto dan Partai Gerindra.

“Tetapi untuk tidak partai lainnya. Kenapa rekonsiliasi semu, karena bukan hanya tiga partai tidak dapat sebagai oposisi. Banyak ormas, dan relawan tiba-tiba merasa tidak dilibatkan dalam proses penentuan kabinet,” paparnya.(boy/jpnn)

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai tidak tepat kalau Kabinet Indonesia Maju disebut sebagai hasil rekonsiliasi.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close