Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapal Perang AS Berusaha Merapat ke Hong Kong, Tiongkok Bereaksi

Rabu, 14 Agustus 2019 – 15:33 WIB
Kapal Perang AS Berusaha Merapat ke Hong Kong, Tiongkok Bereaksi - JPNN.COM
USS Lake Erie, salah satu kapal perang Amerika Serikat yang dilarang Tiongkok berlabuh di Hong Kong. Foto: US Navy

jpnn.com, WASHINGTON - Pemerintah Tiongkok telah menolak permohonan dua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat untuk merapat ke Pelabuhan Hong Kong. Informasi tersebut diungkapkan pejabat pemerintah AS yang kepada Reuters tidak disebutkan namanya, Selasa (13/8).

Kapal pengangkut USS Green Bay telah meminta izin untuk mengunjungi Hong Kong pada akhir bulan ini. Sementara cruiser USS Lake Erie ingin mengunjungi Hong Kong pada September mendatang.

Tiongkok terakhir kali menolak kunjungan kapal perang AS adalah untuk kapal serbu Wasp pada September 2018. Sedangkan pada bulan April lalu, kapal komando amfibi Blue Ridge berhasil mengunjungi Hong Kong.

BACA JUGA: Hoaks soal Demo Hong Kong: Dari Invasi Tentara Tiongkok sampai Operasi CIA

Penolakan kali ini diduga dipicu memanasnya perang dagang antara Tiongkok dan AS. Unjuk rasa massal di Hong Kong tampaknya juga jadi pertimbangan.

Presiden AS Donald Trump sendiri telah mendesak semua pihak untuk tenang dan mengklaim bahwa pemerintah Tiongkok telah memindahkan pasukan ke perbatasan Hong Kong.

"Situasi di Hong Kong rumit," ujar Trump, sembari menambahkan bahwa ia berharap itu (unjuk rasa) akan berhasil untuk semua orang, tanpa ada yang terluka maupun terbunuh. (rmol/jpnn)

Pemerintah Tiongkok telah menolak permohonan dua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat untuk merapat ke Pelabuhan Hong Kong.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close