Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapal Perang AS Bikin Tiongkok Panas

Minggu, 31 Januari 2016 – 17:18 WIB
Kapal Perang AS Bikin Tiongkok Panas - JPNN.COM
USS Curtis Wilbur. Foto: AFP

jpnn.com - WASHINGTON - Pemerintah Tiongkok merespons manuver Amerika Serikat yang mengirimkan kapal perangnya ke kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan.

Tiongkok menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. "Kami mendesak AS menghormati undang-undang yang relevan, melakukan lebih banyak aksi kondusif," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, seperti dilansir dari AFP, Minggu (31/1).

Sementara sebelumnya, AS memang tidak membantah mereka mengirim sebuah kapal perang ke daerah yang sedang disengketakan oleh Tiongkok, Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei itu.

Juru bicara Pentagon Jeff Davis mengatakan, AS sengaja mengirim kapal penghancur berpeluru kendali, USS Curtis Wilbur, tepatnya ke wilayah sekitar 12 mil laut dari jajaran kepulauan Paracel. “Kami menggelar operasi navigasi bebas di Laut China Selatan," ujar Davis.

Operasi tersebut kata Davis bertujuan untuk menegaskan hak atau kebebasan bernavigasi AS di wilayah itu. "Itu untuk menentang klaim maritim banyak pihak dari kepulauan itu," tegas Davis. 

Dilaporkan juga, lokasi berlayarnya USS Curtis Wilbur ini masuk ke daerah yang disengketakan Tiongkok, Taiwan dan Vietnam. Dan, saat kapal perusak AS berlayar, tidak ada kapal AL Tiongkok maupun Taiwan dan Vietnam yang berada di daerah tersebut. (adk/jpnn)

WASHINGTON - Pemerintah Tiongkok merespons manuver Amerika Serikat yang mengirimkan kapal perangnya ke kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan. Tiongkok

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close