Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes Sebut Situasi Masih Terkendali

Jumat, 10 Juni 2022 – 19:07 WIB
Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes Sebut Situasi Masih Terkendali - JPNN.COM
Kasus Covid-19 meningkat. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menegaskan situasi Covid-19 di Indonesia masih terkendali meskipun terjadi kenaikan kasus.

Dia menjelaskan kenaikan kasus Covid-19 terjadi pada hari ke-38 setelah Idulfitri hingga 556 kasus, tetapi positivity rate secara nasional masih dinilai relatif rendah.

"Kita positivity rate masih relatif rendah sekitar 1,15 persen padahal standar di WHO itu 5 persen," kata Syahril dalam konferensi pers, Jumat (10/6).

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso itu mengungkapkan data transmisi komunitas di Indonesia juga masih relatif rendah, yaitu 1,03 kasus/100 ribu penduduk/minggu.

Kemudian, angka rawat inap saat ini juga masih sekitar 0.1/100 ribu penduduk/minggu dan angka kematian hanya 0,01/100 ribu penduduk/minggu.

"Di level 1 transmisi komunitas standar WHO, kasus itu adalah 20 kasus/100 ribu penduduk/minggu, kemudian rawat inap di bawah lima sementara kita 0,1, dan kematiannya juga 1/100 ribu penduduk/minggu sementara kita adalah 0,01," tutur Syahril.

Artinya, lanjut dia, situasi Covid-19 secara nasional masih di bawah standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (mcr9/jpnn)


Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menegaskan situasi Covid-19 di Indonesia masih terkendali meskipun terjadi kenaikan kasus.

Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close