Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kejagung Hitung Aset David Nusa

Untuk Pelunasan Uang Pengganti Rp 1,29 T

Minggu, 20 Juli 2008 – 08:37 WIB
Kejagung Hitung Aset David Nusa - JPNN.COM
JAKARTA - Kembalinya terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) David Nusa Wijaya masih menyisakan masalah. Mantan Dirut Bank Umum Sertivia itu ternyata belum melunasi uang pengganti Rp 1,29 triliun. Kejaksaan pun siap menghitung aset David yang telah disita negara.

’’Kami akan cek. Nanti dihitung dulu,’’ kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) Marwan Effendy di Jakarta.

Dia mengatakan, aset tersebut nanti dilelang secara terbuka. ’’Kalau tidak mencukupi, kekurangannya kami minta lagi (ke David),’’ imbuh mantan kepala Kejati (Kajati) Jawa Timur itu.

Marwan mengatakan, aset milik David pernah diserahkan kepada Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) saat penyidikan kasus BLBI. ’’Tapi, kan BPPN sudah tidak ada. Karena itu, kami cek di mana aset itu. Mestinya di Depkeu,’’ terang Marwan yang pernah memimpin Pusdiklat Kejagung itu.

Seperti diberitakan, David Nusa Wijaya kembali masuk ke Lapas Cipinang setelah sempat bepergian ke Hongkong. Berdasarkan putusan PK MA, dia dijatuhi hukuman empat tahun –dari vonis semula delapan tahun– dan denda Rp 30 juta pada 16 Januari 2008.

Menurut Bambang Hartono, kuasa hukum David, kliennya terbang ke Hongkong karena telah mengantongi pembebasan bersyarat. Meski demikian, Bambang menyatakan bahwa kliennya belum melunasi uang pengganti Rp 1,29 triliun. Alasannya, harta David senilai Rp 3 triliun telah dibekukan. Harta tersebut terdiri atas 150 sertifikat tanah yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Yang terbanyak di Jakarta Barat.

Bebasnya David sempat memicu polemik antara Ditjen Pemasyarakatan Depkum HAM dan Kejaksaan Agung. Sebab, Kejari Jakbar merasa tidak ditembusi soal pembebasan bersyarat David oleh Rutan Salemba. David sendiri, menurut Bambang, mendapat pembebasan bersyarat atas dasar keputusan Dirjen Pemasyarakatan No.PAS.4.XI.5404PK.05.06 Tahun 2008 pada 16 Mei 2008. Sementara itu, surat lepas ditandatangani kepala Rutan Salemba.

Sebelumnya, Jaksa Agung Hendarman Supandji memerintah jajarannya menghitung aset David Nusa Wijaya. ’’Putusan pengadilan kan harus ganti Rp 1,2 triliun, tapi tidak termasuk berapa asetnya di situ. Jadi, sekarang mau dihitung berapa aset-aset yang telah diserahkan,” kata Hendarman di Kejagung, Jumat (18/7). (fal/agm)

JAKARTA - Kembalinya terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) David Nusa Wijaya masih menyisakan masalah. Mantan Dirut Bank Umum

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close