Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keluarkan Perintah Harian, Megawati Minta Kader Jaga Kewaspadaan

Jumat, 11 Juli 2014 – 17:21 WIB
Keluarkan Perintah Harian, Megawati Minta Kader Jaga Kewaspadaan - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hari ini (11/7) mengeluarkan surat perintah harian sebagai respon atas perkembangan pasca-pemilu presiden. Dalam surat itu, Megawati memerintahkan kader-kader partainya agar tidak larut dalam suka cita kemenangan versi quick count yang diperoleh pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, sekaligus meningkatkan kewaspadaan untuk mengawal proses rekapitulasi manual.

Megawati menegaskan, Pemilu Presiden Tahun 2014 merupakan wujud nyata kedaulatan rakyat dalam menentukan pemimpin nasional. Menurutnya, proses pemilu telah dilaksanakan dengan aman dan damai.

Namun, Megawati juga mengingatkan pentingnya menjaga suasana tetap kondusif sehingga proses rekapitulasi hasil penghitungan suara dapat dilakukan dengan benar, jujur, adil dan terbebas dari segala bentuk kecurangan. Untuk itu, Megawati meminta kadernya mengawal proses rekapitulasi berdasarkan dokumen otentik C1.

“Terus kawal proses rekapitulasi hasil penghitungan suara secara berjenjang dari PPS, PPK, KPU kabupaten/kota, KPU Provinsi hingga KPU. Libatkan seluruh anggota, kader partai, simpatisan, dan para relawan untuk mengawal suara rakyat,” tulis Megawati dalam perintah hariannya.

Presiden RI kelima itu juga memerintahkan kader-kader PDIP tetap menjaga disiplin, ketenangan dan kewaspadaan, serta membantu aparat keamanan dalam menjaga suasana aman dan damai. “Bersikap tenang dan jaga ketertiban hukum,” tegasnya.

Megawati mengingatkan, sejarah sudah mencatat bahwa PDIP dalam suasana genting sekalipun selalu mengedepankan ketaatan pada hukum. Meski demikian ia juga mengatakan, PDI Perjuangan tidak pernah mentolerir terhadap segala bentuk intimidasi dan kekerasan.

“Atas dasar hal tersebut, marilah kita tingkatkan kewaspadaan nasional, termasuk terhadap kemungkinan adanya oknum atau orang yang memakai seragam kampanye kotak-kotak atau seragam Partai untuk  melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut mungkin saja terjadi, sebagai upaya  membangun persepsi bahwa gangguan atas rasa aman tersebut seolah-olah berasal dari kita,” pungkasnya.(ara/jpnn)

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hari ini (11/7) mengeluarkan surat perintah harian sebagai respon atas perkembangan pasca-pemilu

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA