Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenpora Siapkan Formula Patas demi Target 10 Besar di Asian Games 2018

Sabtu, 11 Juli 2015 – 21:30 WIB
Kemenpora Siapkan Formula Patas demi Target 10 Besar di Asian Games 2018 - JPNN.COM

jpnn.com - SERPONG - Pemerintah memasang target masuk sepuluh besar pada Asian Games 2018 nanti. Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) PUN menyiapkan formula khusus untuk mencapai target pada even olahraga negara-negara se-Asia yang akan digelar di Indonesia itu.

Menurut Asisten Deputi IV Kemenpora, Djoko Sulistyanto, pihaknya menyiapkan formula ‘patas’  untuk mengejar target prestasi di Asian Games. "Perlu patas, tapi bukan kendaraan ya. Ini adalah langkah yang harus diambil berdasarkan pengalaman dan analisa di setiap multi event sebelumnya," katanya dalam diskusi bertema ‘Mengusung Prestasi Asian Games 2018’ di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (11/7).

Patas yang dimaksud menyangkut langkah singkatan dari prioritas, atlet, treatment, adequate dan sinergi. Djoko menjelaskan, prioritas berarti menetapkan cabang olahraga (cabor) non-olympic dalam skala prioritas manajemen training.

Sedangkan atlet dalam formula patas berarti melakukan seleksi dengan kriteria yang ketat dan berorientasi track record prestasi selama ini. Sementara treatment adalah dengan memberikan program khusus yang menerapkan sport science, sport intelligent dan melakukan pemusatan latihan (TC) bervariasi baik di dalam maupun luar negeri.

Adapun adequate bermakna mencukupi kebutuhan atlet. Mulai dari sarana, uang saku, nutrisi, suplemen, bonus, kesehatan, asuransi, hingga peningkatan psikologis. Terakhir adalah sinergis yang berarti menyatukan program pemerintah, KOI, KONI, dan pengurus besar cabor. “Tidak kemudian berjalan sendiri-sendiri, seperti yang terlihat di SEA Games 2015 lalu,” ujar birokrat Kemenpora yang membidangi peningkatan prestasi olahraga itu.(dkk/jpnn)

 

SERPONG - Pemerintah memasang target masuk sepuluh besar pada Asian Games 2018 nanti. Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) PUN menyiapkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close