Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenpupera Bentuk Komite Tabungan Perumahan Rakyat

Jumat, 12 Agustus 2016 – 06:37 WIB
Kemenpupera Bentuk Komite Tabungan Perumahan Rakyat - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera)) saat ini tengah membentuk Komite Tapera (tabungan perumahan rakyat).

Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kemenpupera, Maurin Sitorus, pembentukan Komite Tapera ini sebagai salah satu amanat dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016.

Komite Tapera anggotanya terdiri dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Keuangan, Menteri Ketenagakerjaan, Komisioner  Otoritas Jasa Keuangan dan dari unsur profesional.

“Komite Tapera ini nantinya akan diangkat dan diberhentikan oleh presiden," ujar Maurin, Kamis (11/8).

Dia menjelaskan, Tabungan Perumahan Rakyat ini sangat dibutuhkan. Sekitar 80-90 persen rumah tangga membeli rumah lewat KPR. Jarang lewat cash, karena membutuhkan dana yang besar.

"Di sinilah kita membutuhkan Tapera dalam rangka membantu MBR mendapatkan rumah," terang Dirjen Pembiayaan Perumahan.

Hadirnya Tapera juga sebagai salah satu terobosan untuk menjawab tantangan di bidang perumahan. Apabila Tapera sudah terbentuk, menurut Maurin, akan menghimpun dana yang besar. Tahun pertama, Tapera bisa menghimpun dana sekitar Rp 50-60 triliun.(esy/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera)) saat ini tengah membentuk Komite Tapera (tabungan perumahan rakyat). Menurut

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close