Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keren! Kabupaten Ini Jadi Nominator Penghargaan Badan Pariwisata PBB

Kamis, 31 Desember 2015 – 19:55 WIB
Keren! Kabupaten Ini Jadi Nominator Penghargaan Badan Pariwisata PBB - JPNN.COM
Festival tari Gandrung Sewu yang menjadi salah satu kesenian khas Banyuwangi. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - BANYUWANGI - Inovasi yang terus dilakukan Kabupaten Banyuwangi, terutama di bidang pariwisata ternyata mendapat apresiasi dari Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pariwisata (UNWTO). Bahkan, Banyuwangi masuk menjadi nominator UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.

Dalam hal ini, Banyuwangi mendapat nominasi dalam kategori ”Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola".  Nominator lainnya adalah Medellin (Kolombia), Kenya, dan Puerto Rico.

Banyuwangi akan diberikan kesempatan memaparkan kebijakannya pada 18 Januari 2016 mendatang dalam event 12th UNWTO Awards Forum di Madrid, Spanyol. 

Nah, ajang yang digelar salah satu organisasi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi pariwisata ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap berbagai inovasi yang dilakukan di sektor pariwisata dengan melihat efeknya terhadap pemerintahan serta masyarakat.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwsisata Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, Banyuwangi masuk dalam kategori inovasi kebijakan publik dan pemerintahan. 

”Kami diberi kesempatan untuk mempresentasikan bagaimana Banyuwangi mengembangkan konsep pariwisata berkelanjutan. Para pemenang dan runner-up masing-masing kategori akan diumumkan pada 20 Januari mendatang bersamaan dengan pelaksanaan Madrid International Tourism Trade Fair,” ujar Bramuda.

Di Madrid nanti, lanjut Bramuda, pihaknya akan memaparkan sejumlah strategi pemkab dan kunci sukses membangun pariwisata. 

Mulai dari bagaimana daerah mengidentifikasi potensi wisata yang dimilikinya, menjaga kearifan lokalnya, hingga bagaimana seluruh stakeholder bergandengan tangan mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Banyuwangi.

Dalam empat tahun terakhir, sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menggeliat. Dengan menawarkan alam dan budaya yang apa adanya, Banyuwangi membidik segmen wisatawan penggemar alam, budaya, dan petualangan. Konsep ekoturisme pun digaungkan. (mas/jpnn)

BANYUWANGI - Inovasi yang terus dilakukan Kabupaten Banyuwangi, terutama di bidang pariwisata ternyata mendapat apresiasi dari Badan Perserikatan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close