Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ketahui Penyebab Kaki Diabetes

Sabtu, 15 Agustus 2020 – 09:19 WIB
Ketahui Penyebab Kaki Diabetes - JPNN.COM
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Kaki diabetes atau diabetic foot adalah komplikasi yang terjadi pada kaki penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kadar gula darah yang meningkat dan tidak terkontrol, sehingga mengakibatkan kerusakan pembuluh darah pada kaki.

Pada penderita diabetes, area kaki merupakan bagian tubuh yang mudah luka. Oleh sebab itu, kesehatan kaki Anda perlu dirawat dengan baik. Sebab apabila sudah muncul komplikasi pada kaki, pengobatannya cukup sulit.

Penyebab Kaki Diabetes

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan lemak menempel di dalam pembuluh darah kaki. Alhasil, pembuluh darah menjadi menyempit dan peredaran darah di sekitarnya menjadi tidak lancar.

Selain itu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf-saraf, sehingga akan muncul gejala baal atau mati rasa. Hal inilah yang sering kali membuat penderita tidak sadar bahwa ada luka pada kaki mereka. Akibatnya, luka menjadi semakin parah karena tidak dirawat.

Lebih lanjut, pada penderita diabetes yang tidak terkontrol, aliran darah di kaki tidak berjalan dengan lancar karena pembuluh darah mereka sudah rusak.

Pembuluh darah ini tidak mampu mengalirkan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi. Padahal, ini diperlukan untuk memulihkan kerusakan jaringan pada bagian tubuh yang terluka. Jadi tak heran bila luka di kaki akan sulit sembuh.

Apabila aliran darah semakin tidak lancar, luka yang berada di area kaki akan menjadi terbuka dan bernanah (borok). Jika tidak segera diatasi dan dirawat secara rutin, bisa terjadi kerusakan dan kematian jaringan ataupun tulang yang dinamakan gangren.(klikdokter)

loading...