Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketika Warga Raas Belajar Budidaya Rumput Laut

Rabu, 10 Agustus 2016 – 15:36 WIB
Ketika Warga Raas Belajar Budidaya Rumput Laut - JPNN.COM
Pelatihan budidaya rumput laut bagi wargaa Raas. FOTO : jpnn

jpnn.com - Hasil alam yang melimpah tak akan ada artinya jika warga sekitar tak mengetahui bagaimana cara mengemas dengan baik. Hal itulah yang menjadi dasar diadakannya pelatihan dan pembinaan budidaya rumput laut di Pulau Raas, yang berada di Kabupaten Sumenep.

Diselenggarakan oleh Husky Cnooc Madura Limited (HCML) pelatihan itu diikuti oleh belasan petani rumput laut dari 7 desa yang ada di sana. ”Ini untuk meningkatkan kemampuan petani dalam budi daya agar hasil rumput laut yang diproduksi berkualitas bagus," kata Community Development Coordinator HCML, Ali Aliyuddin.

Pelatihan tersebut menghadirkan pemateri dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Endry Nugroho Prasetyo, dan Dosen Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Isdiantoni.

"Pelatihan ini materinya lengkap. Mulai pemilihan bibit, kemudian tata cara budidaya rumput laut, hingga tata cara panen yang baik. Ini karena kualitas rumput laut ditentukan mulai pemilihan bibit hingga teknis penanaman, dan masa panen," ujar Ali.

Ia memaparkan, dari hasil survey. Pulau Raas sangat cocok sebagai lokasi budidaya rumput laut. Sayangnya masyarakat masih menggunakan cara tradisional dalam budidaya rumput laut, sehingga hasil yang didapatkan belum maksimal.

"Karena itu, dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, kami berharap para petani rumput laut bisa memiliki kemampuan lebih baik dalam memproduksi rumput laut yang berkualitas bagus," ucapnya.

Ia menambahkan, melalui pelatihan dan pendampingan tersebut, para petani rumput laut dibina dan diajarkan bagaimana menanam rumput laut yang baik. Dengan demikian, nantinya hasil produksi budidaya rumput laut di Raas bisa memenuhi Standart Nasional Indonesia (SNI).

Ahmad Sadikin, salah satu petani mengaku senang dengan adanya pelatihan tersebut. ”Ternyata ada beberapa cara yang saya lakukan selama ini salah,” katanya. (JPNN/pda)

Hasil alam yang melimpah tak akan ada artinya jika warga sekitar tak mengetahui bagaimana cara mengemas dengan baik. Hal itulah yang menjadi dasar

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close