Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua DPR Surati BK Segera Proses Chairun Nisa

Selasa, 08 Oktober 2013 – 08:14 WIB
Ketua DPR Surati BK Segera Proses Chairun Nisa - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan segera menyurati Badan Kehormatan (BK) DPR untuk segera memproses pelanggaran etika yang dilakukan oleh Anggota Komisi II, Chairun Nisa yang tertangkap tangan saat memberi uang kepada Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar dalam kasus sengketa pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

“Saya, segera membuat surat kepada BK untuk segera memproses pelanggaran etika yang dilakukan Chairun Nisa. Hal ini merupakan kewajiban saya sebagai pimpinan DPR untuk menjaga kehormatan DPR,” kata Marzuki Alie, kepada wartawan di gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (7/10).

Surat ini menurut Marzuki rencananya akan segera dikirimkan karena DPR seringkali dianggap lambat dalam memproses pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh sebagian anggotanya.

”DPR sebagai lembaga kerap dikotori oleh perilaku anggotanya dan saya melihat ada pelanggaran etika selain juga sudah ada laporan masyarakat yang bisa dibaca dari pemberitaan-pemberitaan media massa,” tegasnya.

Ketua DPR berharap BK segera mengeluarkan keputusan. Jika pelanggaran etika itu jelas maka diharapkan DPR segera mengambil tindakan pemberhentian dengan segera.

”Kita sering dianggap terlabat karena untuk memberhentikan selalu menunggu keputusan hukum dulu. Tapi untuk masalah ini karena ditangkap tangan maka pelanggaran etikanya sudah jelas,” tegasnya.

Keputusan cepat menurutnya juga harus segera diambil. Jika lambat akan membuat rakyat semakin apatis terhadap DPR. Dicontohkan Partai Demokrat yang selama ini mengambil keputusan cepat saja dalam perkara-perkara korupsi masih belum bisa merecovery opini masyarakat terhadap partainya.

“Kita minta BK bisa responsif segera melakukan penyelidikan pelanggaran untuk menjaga nama baik DPR. Kami di Demokrat bertindak cepat saja dengan memberhentikan semua yang menjadi tersangka masih belum bisa merecovery nama baik. Saya tidak ingin citra DPR sulit direcovery hanya karena kita lambat meresponnya,” harapnya. (fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan segera menyurati Badan Kehormatan (BK) DPR untuk segera memproses pelanggaran etika yang dilakukan oleh

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA