Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KKP Luncurkan Produk Inovasi Berbasis Teknologi

Selasa, 11 Agustus 2015 – 11:41 WIB
KKP Luncurkan Produk Inovasi Berbasis Teknologi - JPNN.COM
Susi Pudjiastuti. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang KP) meluncurkan beberapa produk hasil inovasi teranyarnya. Menteri KKP Susi Pudjiastuti dalam sambutannya mengapresiasi hasil karya anak buahnya yang diteliti selama satu tahun terakhir.

Adapun produk-produk inovasi teknologi Balitbang KP 2015 yang diluncurkan di antaranya, E-Log Book, E-Observer, Sistem Informasi Nelayan Pintar, dan Sistem Informasi Garam Rakyat.

"Yang kami lakukan dalam inovasi itu tujuannya untuk memperbaiki kualitas dari sebuah bisnis maupun ekonomi, maupun produk dalam komoditi atau bidang lainnya," ujar Susi di kantornya, Jakarta, Selasa (11/8).

Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat ini tak lupa berpesan kepada anak buahnya agar jangan cepat berpuas diri dengan hasil karya yang sudah ditorehkan. Susi meminta agar mereka terus memperbaharui hasil penemuannya, agar selalu bisa diaplikasikan dan semakin bermanfaat bagi para nelayan.

Menurut Susi, Indonesia memiliki ilmuan mumpuni yang tidak kalah dibandingkan negara-negara lain. Hanya saja masih kurang diperhatikan dan terkadang hasilnya kurang efisien jika diaplikasikan di masyarakat.

‎"Jadi kalau itu tidak di-upgrade maka inovasi itu tidak berjalan, tidak berhasil," ungkapnya.

‎Selain itu, KKP juga telah melakukan pelepasan beberapa jenis ikan hasil rekayasa beberapa balai di bawah Balitbang KP. Di antaranya komoditas ikan Lele Mutiara, ikan Gabus Haruan, ikan Gurame Batanghari, ikan Mas Mantap, dan Udang Galah Siratu. (chi/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang KP) meluncurkan beberapa produk hasil inovasi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA