Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Klaim Banyak Guru SMA Minta Pindah ke SMP

Senin, 20 Juni 2016 – 14:26 WIB
Klaim Banyak Guru SMA Minta Pindah ke SMP - JPNN.COM
Guru SMA mengajar. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Kebijakan pemerintah mengalihkan status guru SMA/SMK dari PNS tingkat kabupaten/kota menjadi pegawai provinsi berdampak negatif. 

Menurut Indra Charismiaji, pengamat dan praktisi pendidikan abad 21, banyak guru SMA/SMK minta dipindahkan ke SMP. Tujuannya, agar tetap berstatus sebagai PNS kabupaten/kota.

"Saya lihat sendiri di sebagian wilayah Jawa, banyak guru SMA/SMK menolak ‎dialihkan statusnya ke provinsi. Mereka ini sampai antri di kantor bupati/walikota untuk mengajukan surat pindah," ujar Indra di Jakarta, Senin (20/6).

Hanya saja Indra belum bisa menyebutkan berapa persentase guru SMA/SMK yang minta pindah ke SMP‎. Namun menurutnya, jumlahnya cukup banyak.

"Kenapa mereka ngotot pindah? Karena ada kekhawatiran tunjangan yang selama ini mereka terima di kabupaten/kota tidak akan diterima ketika sudah di provinsi. Itu sebabnya mereka memilih tetap berstatus PNS kabupaten/kota meski harus turun ke level SMP," bebernya.

Di satu sisi, keinginan guru-guru SMA/SMK pindah ke SMP disambut baik pemkab/pemkot. Sebab daerah pemkab/pemkot juga butuh untuk serapan anggaran. 

"Yang mengkhawatirkan jumlah guru SMA/SMK akan berkurang karena banyak yang minta pindah," tandasnya. (esy/jpnn)

JAKARTA--Kebijakan pemerintah mengalihkan status guru SMA/SMK dari PNS tingkat kabupaten/kota menjadi pegawai provinsi berdampak negatif.  Menurut

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close