Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kokain Bisa Mengubah Struktur Otak

Senin, 26 Agustus 2013 – 13:33 WIB
Kokain Bisa Mengubah Struktur Otak - JPNN.COM

jpnn.com - CALIFORNIA - Sejak lama diketahui jika kokain atau aneka psikotropika lainnya memiliki pengaruh negatif kepada manusia. Kini, hasil penelitian terbaru para ilmuwan di bidang kesehatan menemukan, konsumsi kokain ternyata dapat mengubah struktur otak dalam hitungan, sehingga menjadi langkah pertama dari kecanduan narkoba.

Para ilmuwan melakukan serangkaian tes pada hewan menunjukkan struktur baru terkait dengan memori otak yang mulai tumbuh, segera setelah obat itu dikonsumsi.

"Tes pada tikus menunjukkan perubahan otak atas kokain. Dimana otak mulai belajar kecanduan atas zat tersebut," ujar Dr Gerome Breen, Institute of Psychiatry yang dilaporkan dalam jurnal Nature Neuroscience, seperti dimuat laman BBC, Minggu (25/8).

Tim di University of California, Berkeley dan UC San Francisco mencari tonjolan kecil dari sel-sel otak yang disebut duri dendritik. Dimana sel-sel ini sangat terlibat dalam pembentukan memori.

Di sisi lain, menurut para peneliti, tempat atau lingkungan juga memainkan peran penting dalam kecanduan. Hasil studi ini sekaligus memberikan kita pemahaman yang kuat tentang bagaimana kecanduan terjadi. "Itu menunjukkan kepada kita bagaimana kecanduan dipelajari oleh otak," pungkasnya.(esy/jpnn)

CALIFORNIA - Sejak lama diketahui jika kokain atau aneka psikotropika lainnya memiliki pengaruh negatif kepada manusia. Kini, hasil penelitian terbaru

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close