Konflik Amerika Vs Iran Bikin Paus Fransiskus Sangat Resah

Kamis, 09 Januari 2020 – 23:33 WIB
Konflik Amerika Vs Iran Bikin Paus Fransiskus Sangat Resah - JPNN.COM

jpnn.com, VATIKAN - Paus Fransiskus mendesak Amerika Serikat dan Iran untuk menghindari konflik dan mengedepankan dialog serta pengendalian diri. Pemimpin umat Katolik Roma dunia itu berharap tidak ada konflik yang lebih luas di Timur Tengah.

Paus menyampaikan hal tersebut dalam pidato tahunan yang dikenal sebagai State of the World di hadapan para duta besar yang terakreditasi untuk Vatikan, Kamis (9/1).

"Terutama yang mengganggu adalah sinyal yang datang dari seluruh kawasan menyusul meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat," kata Paus kepada para diplomat dari 180 lebih negara.

Dia mengatakan ketegangan berisiko menggangu proses pembangunan kembali di Irak. "Serta menetapkan dasar bagi konflik yang lebih luas yang ingin dihindari oleh kita semua," ujar pria asal Argentina itu.

"Karena itu saya menegaskan permohonan saya bahwa semua pihak yang berkepentingan menghindari eskalasi konflik dan tetap menghidupkan nyala dialog dan pengendalian diri, dalam penghormatan penuh terhadap hukum internasional," tambah Paus Fransiskus. (ant/dil/jpnn)

loading...