Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konsumsi Kacang Cegah Munculnya Kanker Pankreas

Minggu, 08 Desember 2013 – 09:42 WIB
Konsumsi Kacang Cegah Munculnya Kanker Pankreas - JPNN.COM
Mengkonsumsi kacang-kacangan bisa mencegah timbulkan kanker pankreas. Getty Images

jpnn.com - Jangan ragu lagi untuk memilih kacang-kacangan sebagai menu camilan sehat anda. Sebuah studi terbaru menemukan manfaat lain dari mengkonsumsi kacang, yaitu mengurangi munculnya risiko penyakit kanker pankreas.

Para peneliti dari Harvard University melaporkan bahwa mengkonsumsi kacang seperti almond, kacang mete, dan kacang-kacangan lainnya sangat berpengaruh dalam mengurangi risiko terkena kanker pankreas. Penelitian yang dipublikasikan secara online di British Journal of Cancer ini meneliti hubungan antara konsumsi kacang dan risiko kanker pankreas pada 75.680 responden wanita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi satu ons kacang, termasuk almond, kacang Brasil, kacang mete, hazelnut, macadamia, pecan, kacang pinus, pistachio, dan walnut, setidaknya dua kali seminggu jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker pankreas dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut.

"Penurunan risiko ini belum terkait beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi seperti usia, tinggi badan, obesitas, aktivitas fisik, merokok, dan diabetes," kata pemimpin peneliti dari dari Brigham and Women's Hospital and Harvard Medical School, Ying Bao, MD, seperti dilansir laman The Telegraph, Sabtu (7/12).

Tidak hanya itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita yang memasukkan kacang-kacangan dalam menu diet mereka cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan wanita yang enggan mengkonsumsinya.

Kacang kaya akan serat dengan nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral, dan fitokimia. Pada studi sebelumnya pernah disebutkan bahwa kacang juga memiliki hubungan erat dengan fungsi mental yang lebih baik dan menurunkan risiko untuk mengidap diabetes.(fny/jpnn)

Jangan ragu lagi untuk memilih kacang-kacangan sebagai menu camilan sehat anda. Sebuah studi terbaru menemukan manfaat lain dari mengkonsumsi kacang,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close