Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Korlantas Gelar Operasi Keselamatan Jaya, Ini Sasarannya

Kamis, 01 Maret 2018 – 22:47 WIB
Korlantas Gelar Operasi Keselamatan Jaya, Ini Sasarannya - JPNN.COM
Polantas sedang melakukan razia kendaraan bermotor. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2018 untuk menyasar pelanggar aturan berlalu lintas. Operasi itu akan berlangsung pada 5-25 Maret 2018 di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar apel kesiapan pasukan terpusat baik di Mabes Polri maupun polda dan polres di Indonesia, Kamis (1/3). Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pujiono Dulrahman mengatakan, operasi itu bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Dia menuturkan, pada 2016 ada 6.272.375 tindakan tilang terhadap pelanggar lalu lintas. Sedangkan pada 2017 ada sebanyak 7.420.481 kasus.

Data itu menunjukkan peningkatan penindakan yang ternyata mampu menekan angka kecelakaan. “Terbukti jumlah korban meninggal dunia di tahun 2016 sebanyak 25.859 jiwa, sedangkan di tahun 2017 turun sebanyak enam persen sekitar 24.213 korban jiwa,” papar dia.

Adapun sasaran utama operasi itu adalah pengendara di jalan yang menggunakan handphone saat berkendara, berboncengan lebih dari satu orang (motor) dan melebihi kapasitas (mobil). “Kemudian yang spion tidak lengkap, knalpot bising, SIM, STNK, lampu rem, lampu utama dan kelengkapan lainnya,” tegas dia.

Jenderal Polri berbintang satu itu menambahkan, anggotanya di lapangan akan bertindak selektif dalam menindak pelanggar aturan berlalu lintas. Karena itu, jajaran Korlantas Polri meski mereka melakukan tilang, anggota di lapangan akan lebih mengutamakan himbauan. Kecuali kalau sudah pelanggaran parah, akan langsung ditilang.(mg1/jpnn)

Polri menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2018 untuk menyasar pelanggar aturan berlalu lintas. Operasi itu akan berlangsung pada 5-25 Maret 2018.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close