Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kota Sao Paulo Brasil Diporakporandakan Hujan Lebat, Puluhan Warga Tewas

Senin, 20 Februari 2023 – 19:27 WIB
Kota Sao Paulo Brasil Diporakporandakan Hujan Lebat, Puluhan Warga Tewas - JPNN.COM
Hujan lebat di wilayah pesisir tenggara Brasil telah menyebabkan banjir dan tanah longsor yang menewaskan 36 orang dan membuat ratusan lainnya kehilangan tempat tinggal, menurut pernyataan dari otoritas negara bagian Sao Paulo, Minggu. Foto: CNN

jpnn.com, SAO PAULO - Hujan lebat di wilayah pesisir tenggara Brasil telah menyebabkan banjir dan tanah longsor yang menewaskan 36 orang dan membuat ratusan lainnya kehilangan tempat tinggal, menurut pernyataan dari otoritas negara bagian Sao Paulo, Minggu.

Petugas penyelamat terus mencari korban, menghubungkan kembali komunitas yang terisolasi dan membersihkan jalan, beberapa di antaranya tetap diblokir, menjebak sejumlah wisatawan yang melakukan perjalanan untuk perayaan Karnaval Brasil.

Prakiraan cuaca menunjukkan hujan lebat akan berlanjut di daerah pesisir Sao Paulo, menantang tim penyelamat pertahanan sipil dan pemadam kebakaran serta meningkatkan prospek jumlah korban tewas yang lebih tinggi.

Pemerintah federal menentukan mobilisasi beberapa kementerian untuk membantu para korban, memulihkan infrastruktur, dan memulai pekerjaan rekonstruksi.

Negara bagian Sao Paulo mengumumkan keadaan darurat bencana selama 180 hari untuk enam kota setelah apa yang oleh para ahli digambarkan sebagai peristiwa cuaca ekstrem yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada hari Senin, Gubernur Sao Paulo Tarcisio de Freitas bertemu dengan pejabat federal saat mereka mengoordinasikan tanggapan atas tragedi tersebut, kata pernyataan itu.

Operasi di pelabuhan Santos, yang terbesar di Amerika Latin, terhenti di tengah hembusan angin melebihi 55 kpm (34 mph) dan gelombang setinggi lebih dari satu meter pada hari Sabtu, menurut outlet berita lokal.

Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, yang sedang mengadakan karnaval di negara bagian Bahia di timur laut Brasil, akan mengunjungi daerah-daerah utama yang terkena dampak pada Senin, kata kantornya. (reuters/dil/jpnn)


Negara bagian Sao Paulo mengumumkan keadaan darurat bencana selama 180 hari untuk enam kota akibat peristiwa cuaca ekstrem yang belum pernah terjadi sebelumnya

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close