Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan, Begini Respons Bang Irwan

Kamis, 01 April 2021 – 21:39 WIB
Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan, Begini Respons Bang Irwan - JPNN.COM
Dokumentasi. Petugas KNKT memindahkan Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Pulau Seribu, di Dermaga JICT, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho berharap Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bisa segera meneliti kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, 9 Januari 2021.

Kotak hitam Sriwijaya Air SJ182 berjenis Cockpit Voice Recorder (CVR) telah ditemukan Rabu, 31 Maret 2021 tak jauh dari tempat ditemukannya FDR (Flight Data Recorder).

Irwan mengatakan penemuan CVR itu akan lebih memudahkan KNKT dalam melakukan investigasi terkait penyebab pasti terjadinya kecelakaan pesawat Sriwijaya Air.

Sebab, melalui CVR itu bisa diperoleh data perbincangan antara pilot dan co pilot di dalam kokpit pesawat.

"Di samping mencari tahu penyebab jatuhnya pesawat tersebut juga untuk perbaikan kelaikan dan keselamatan penerbangan tanah air ke depan," kata Irwan di Jakarta, Kamis (1/4).

Wasekjen DPP Partai Demokrat itu menjelaskan, sebelumnya data yang ada di dalam FDR sudah berhasil diunduh dan KNKT telah memberikan keterangan awal pada Februari 2021 lalu.

“Data tersebut sangat berharga, apalagi ditemukan beberapa hal di dalamnya yang sudah disampaikan di komisi lima dan kepada masyarakat," ucap politikus asal Kalimantan Timur itu. (fat/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini: