Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Didesak Kembangkan 'Gurita Cikeas'

Rabu, 30 Desember 2009 – 13:28 WIB
KPK Didesak Kembangkan 'Gurita Cikeas' - JPNN.COM
JAKARTA -- Para aktivis gerakan antikorupsi yang tergabung dalam Petisi 28 akan mengambil dua langkah penting dalam waktu dekat terkait buku karya George Junus Aditjondro berjudul 'Membongkar Gurita Cikeas; Di Balik Skandal Bank Century'. Aktivis Petisi 28, Haris Roesli Moti menjelaskan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengundang secara resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk berdebat langsung dengan George. Di acara tersebut, George sendiri berharap SBY mau berdebat langsung dengannya.

Yang kedua, Petisi 28 akan secepatnya mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Kami minta agar KPK menjadikan buku ini sebagai data awal untuk mengusut yayasan-yayasan yang ada di sekitar SBY. KPK harus memerisa, benar tidak ada aliran dana Century ke Yayasan Cikeas," ujar Haris Roesli di acara launching buku tersebut di Doekoen Caffee, Jakarta Selatan, Rabu (30/12)

Hal yang sama dikatakan pengamat politik Boni Hargens. Dikatakan, KPK memang semestinya menjadikan buku karya George sebagai panduan untuk melakukan pemeriksaan terhadap semua yayasan yang disebut George di buku itu. "KPK harus diberi kewenangan yang luas. Buku ini bisa menjadi paduan," ujarnya.

Sementara, Sekjen PB HMI Nazier Siregar berpendapat, materi buku itu menggambarkan adanya oligarki kekuasaan, yang selalu ada sejak dulu. "Oligarki itu hantu kekuasaan. Buku itu memperkuat bahwa memang power tends to corrupt," ujar Nazier. (sam/jpnn)

JAKARTA -- Para aktivis gerakan antikorupsi yang tergabung dalam Petisi 28 akan mengambil dua langkah penting dalam waktu dekat terkait buku karya

Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA