Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Enggan Persoalkan Hakim Baru Tipikor

Selasa, 14 April 2009 – 15:15 WIB
KPK Enggan Persoalkan Hakim Baru Tipikor - JPNN.COM
JAKARTA - Wakil Ketua KPK M Jasin mempersilakan masyarakat menilai hakim baru yang ditunjuk Mahkamah Agung untuk menjadi hakim di Pengadilan Tipikor. Menurut Jasin, pemberantasan korupsi bukan demi KPK, melainkan demi masyarakat.

Karenanya Jasin mengharapkan siapapun yang ditempatkan Mahkamah Angung (MA) di Pengadilan Tipikor tetap memiliki integritas dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. “Ini untuk kepentingan masyarakat, bukan KPK,” ujar Jasin yang dihubungi wartawan di KPK, Selasa (14/4).

 

KPK, katanya, tidak akan mempertanyakan mengapa MA memilih nama-nama yang diragukan itu. “Secara khusus tidak mungkin kan kita bertanya, tetapi kan ini kaitannya soal reformasi birokrasi di MA. Kita akan tanyakan bagaimana soal seleksinya. Paling nanti kita pertanyakan apakah aspek transparansi sudah dipertanggungjawabkan. Hanya sebatas itu,” ucapnya.

Sementara juru bicara MA, Hatta Ali menegaskan bahwa para hakim yang ditunjuk itu sudah melalui seleksi ketat. Proses rekrutmen, lanjutnya, juga sudah berlangsung transparans karena nama yang terseleksi dari daerah dimuat juga di media untuk. “Dimuat di media sekitar setahun lalu. Tetapi karena kebanyakan ini hakim dari daerah, tidak ada tanggapan yang masuk,” ujar Hatta.

JAKARTA - Wakil Ketua KPK M Jasin mempersilakan masyarakat menilai hakim baru yang ditunjuk Mahkamah Agung untuk menjadi hakim di Pengadilan Tipikor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA