Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU Sebar Foto Caleg

Selasa, 09 September 2008 – 20:42 WIB
KPU Sebar Foto Caleg - JPNN.COM
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan foto, profesi dan alamat calon legislatif  (caleg) yang didaftarkan partai politik ke KPU. Tujuannya, agar masyarakat dapat mengenali sekaligus mengetahui jika ada caleg nakal yang menggunakan dokumen palsu untuk pencalegannya.Anggota KPU merangkap Pokja Pencalegan, Endang Sulastri, di KPU, Selasa (9/9) menyatakan, meski undang-undang Pemilu tidak mengharuskan hal itu namun KPU tetap akan melakukannya.

"Pengumuman foto, pekerjaan dan alamat caleg itu perlu agar masyarakat mudah mengenalinya. Ini sekaligus akan memudahkan KPU dan masyarakat mendeteksi caleg dari PNS," katanya. Endang menegaskan, caleg dari PNS diharuskan menyerahkan surat pengunduran diri disertai surat keterangan dari atasanya langsung bahwa pengunduran diri PNS bersangkutan sudah diproses dan disetujui.

Hal sama juga berlaku bagi kepala desa. Endang menandaskan bahwa kades yang menjadi caleg harus besratus non aktif. "Kepala desa yang jadi caleg juga harus berhenti sementara," tandasnya. Lebih lanjut Endang menjelaskan, pada 26 September nanti KPUI sudah harus mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS). KPU, katanya, sesuai jadwal dan tahapan Pemilu juga akan mengumumkan Daftar Caleg Tetap (DCT) pada 9 Oktober. Endang menyebutkan, sebanyak 14020 caleg dari 38 parpol telah diserahkan ke KPU. Namun KPU telah mengembalikan berkas caleg untuk diperbaiki dan sudah harus diserahkan kembali ke KPU pada 16 September mendatang.(ara/JPNN)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan foto, profesi dan alamat calon legislatif  (caleg) yang didaftarkan partai politik

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA