Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KRI Teluk Kupang-519 Jadi Kekuatan Baru Menghadapi Perubahan Ancaman

Selasa, 08 Desember 2020 – 10:54 WIB
KRI Teluk Kupang-519 Jadi Kekuatan Baru Menghadapi Perubahan Ancaman - JPNN.COM
Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan menyambut baik bergabungnya KRI Teluk Kupang-519 di jajaran Koarmada II. Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, SURABAYA - Satu lagi kapal perang baru berjenis Landing Ship Tank (LST) memperkuat jajaran Koarmada II, yakni KRI Teluk Kupang (TKP-519).

Keberadaannya akan memperkuat Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II. Hal tersebut ditandai melalui peresmian KRI yang dipimpin oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono pada upacara puncak HUT Ke-75 Armada RI yang digelar terpusat di Dermaga Madura Mako Koarmada II, Ujung, Surabaya pada Senin (7/12).

KRI Teluk Kupang-519 terbilang istimewa, sebab kapal perang tersebut merupakan hasil karya anak bangsa yang diproduksi oleh PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero). Sementara nama Teluk Kupang sendiri diambil dari nama sebuah teluk di Nusa Tenggara Timur.

KRI Teluk Kupang-519 sebagai kapal LST mampu mengangkut 15 unit Tank BMP3F, serta 1 Unit Helikopter. Saat ini, KRI Teluk Kupang (TKP)-519 dikomandani oleh Letkol Laut (P) Suryai.

Sementara itu, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan menyambut baik bergabungnya KRI Teluk Kupang-519 di jajaran Koarmada II.

Panglima berharap Teluk Kupang akan makin memperkuat Koarmada II dalam upaya pembangunan nasional serta menjadi kekuatan baru untuk menghadapi dinamika perubahan ancaman dan kompleksitas tugas-tugas Angkatan Laut ke depan.

“Saya berharap dengan hadirnya kapal perang baru ini mampu melaksanakan tugas-tugas Angkatan Laut yang diemban Koarmada II sekaligus merupakan amanah rakyat,” tutur Laksda Sudihartawan.

“TNI AL akan mengoptimalkan peran kapal perang baru ini untuk mengawal semangat bahari, dan mewujudkan program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” pungkas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.(fri/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Panglima berharap Teluk Kupang akan makin memperkuat Koarmada II dalam upaya pembangunan nasional serta menjadi kekuatan baru untuk menghadapi dinamika perubahan ancaman dan kompleksitas tugas-tugas Angkatan Laut ke depan.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close