Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kronologis Pasukan TNI-Polri Menyerbu, Menembak Mati Kepala Staf Kodap III KKB

Senin, 17 Agustus 2020 – 17:17 WIB
Kronologis Pasukan TNI-Polri Menyerbu, Menembak Mati Kepala Staf Kodap III KKB - JPNN.COM
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menunjukan foto Hengki pimpinan KKB yang tewas di Markas Kalikopi. Foto: dok Humas Polda Papua

jpnn.com, JAYAPURA - Pasukan gabungan TNI-Polri berhasil menembak Hengki Wamang (31), salah satu pimpinan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata).

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menjelaskan, Hengki Wamang ditembak mati dalam penggerebekan markas KKB di Kali Kopi, Timika, Papua, pada Minggu (16/8).

Saat itu, tim gabungan TNI-Polri terbagi tiga kelompok untuk menggerebek tiga lokasi yang menjadi markas KKB.

"Di sekitar Timika terdapat tiga lokasi yang menjadi markas, yakni Kali Kopi Lama, Kali Kopi Baru dan Amoko yang berada di dekat Distrik Mayaro," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam keterangan persnya di Jayapura, Senin (17/8).

Dalam keterangan pers terkait penindakan KKB di sekitar Timika, Kapolda Papua yang didampingi Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kabinda Papua Mayjen TNI Napoleon menyatakan penggerebekan itu berawal dari ditangkapnya satu orang warga yang diduga sebagai pemasok bahan makanan ke KKB.

Dari keterangan tersangka itulah didalami dan dilanjutkan dengan penggerebekan ke markas Kodap III.

Pasukan gabungan TNI-Polri berhasil melumpuhkan Hengki yang yang menjabat Kepala Staf Kodap III serta mengamankan tiga pucuk senpi berbagai jenis sekitar 400 butir amunisi.

Selain itu juga diamankan uang Rp22 juta dan berbagai barang bukti lainnya dari sekitar lokasi yang saat ini sudah berada di Mako Brimob di Timika.

Irjen Paulus Waterpauw menjelaskan, Hengki Wamang menjabat kepala staff dan terlibat dalam sejumlah penyerangan terhadap warga sipil di sekitar wilayah operasional PT. Freeport di Tembagapura dan Timika.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menyatakan selaku wakil dari tim penegakan hukum pihaknya siap berkolaborasi dalam upaya penegakan hukum.

“TNI siap bersinergi dalam melaksanakan penegakan hukum terhadap anggota KKB,” kata Mayjen TNI Asaribab. (antara/jpnn)

Pasukan gabungan TNI-Polri menyerbu tiga markas KKB, satu pentolan kelompok kriminal bersenjata ditembak mati.

Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close