Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KSAL Dorong Sinergisitas Antarinstitusi Keamanan Maritim

Rabu, 30 Maret 2022 – 23:58 WIB
KSAL Dorong Sinergisitas Antarinstitusi Keamanan Maritim - JPNN.COM
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono pada acara Webinar dalam rangka HUT ke-19 Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Utama Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (30/3). Foto: flyer Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan untuk menjalin sinergisitas operasional antarinstitusi keamanan maritim nasional guna memperoleh keberhasilan dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan maritim di Indonesia.

Hal ini disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat membacakan narasi tertulis KSAL pada acara Webinar dalam rangka HUT ke-19 Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Utama Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (30/3).

Menurut Laksamana Yudo, keselamatan dan keamanan laut tidak terbatas hanya pada masalah penegakan hukum dan kedaulatan semata.

Namun, juga bagaimana laut dapat digunakan oleh segenap pengguna laut yang bebas dari segala gangguan dan berbagai ancaman baik dari ancaman kekerasan, ancaman navigasi, ancaman pelanggaran hukum, serta ancaman terhadap sumber daya kelautan.

TNI AL juga melaksanakan operasi untuk menjaga keamanan dan menegakkan hukum di laut yang melibatkan unsur KRI/KAL/PATKAMLA dengan mengedepankan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid) serta melibatkan pangkalan TNI AL guna menindaklanjuti hasil operasi.

“TNI AL senantiasa siap melaksanakan tugas penegakan hukum di laut dan mendukung sistem keamanan laut Indonesia. TNI AL juga konsisten melaksanakan operasi di laut untuk mewujudkan laut bebas dari segala bentuk ancaman di laut,” ujar Wakasal.

Kegiatan webinar INAMPA bertema “Keselamatan Maritim Sebagai Daya Saing Bangsa Di Kancah Internasional” diikuti secara virtual oleh Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi Soerjanto Tjahjono, Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono serta undangan lainnya.(fri/jpnn)

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mendorong sinergisitas operasional antarinstitusi demi keamanan maritim di Indonesia.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close