Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ladies, Apa Setelah Berhubungan Keluar Lendir Coklat? Itu..

Sabtu, 26 Maret 2016 – 08:06 WIB
Ladies, Apa Setelah Berhubungan Keluar Lendir Coklat? Itu.. - JPNN.COM
Ilustrasi

jpnn.com -  

PARA wanita pasti langsung panik, jika setelah berhubungan badan keluar bercak berwarna coklat atau terjadi pendarahan. Tentu akan berpikir dua kali bila diajak pasangan untuk bercinta. Bila hal itu menimpa Anda, dokter Suci Dwi Putri menyarankan supaya tidak panik secara berlebihan. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Seperti bagaimana siklus haid Anda selama ini? Apakah teratur? Maju atau mundur? Apakah keluhan ini baru pertama kali dirasakan dan apakah selama ini setelah Anda berhubungan pernah mengalami keluhan yang serupa?," ujar Suci seperti dilansir dari Klikdokter, Sabtu (26/3).

Suci menambahkan, perdarahan setelah berhubungan seksual atau Post Coital Bleeding bisa terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca-berhubungan seksual juga bisa terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan.

"Atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina). Terutama bila wanita masih belum penuh terangsang bisa menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet," jelasnya.

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina. Misalnya karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dan sebagainya.

"Saran kami adalah segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dicari penyebabnya segera. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya," kata Suci. (chi/jpnn)

jpnn.com -  

  PARA wanita pasti langsung panik, jika setelah berhubungan badan keluar bercak berwarna coklat atau terjadi pendarahan. Tentu akan berpikir

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close