Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lagi, Jamaah Haji RI Wafat karena Flu Babi

BPHI Wajibkan Periksa Suhu sebelum Pulang

Minggu, 05 Desember 2010 – 05:40 WIB
Lagi, Jamaah Haji RI Wafat karena Flu Babi - JPNN.COM
JAKARTA -- Kabar buruk menimpa jamaah haji Indonesia di Arab Saudi. Jamaah berinisial SHO, asal kloter 48 embarkasi Solo, meninggal dunia pukul 04.30 waktu Arab Saudi pada Jumat lalu (3/12). Dia wafat setelah terjangkit virus flu babi (H1N1) dan menjalani perawatan di RS King Fahd, Madinah, sejak 27 November lalu. Itu merupakan kasus kedua jamaah haji Indonesia yang meninggal akibat flu babi. Sebelumnya, jamaah berinisial ST, asal embarkasi Surabaya, wafat akibat flu babi pada pada 23 November lalu.

"Jenazahnya (SHO, Red) telah dimakamkan. Setelah mendapat perawatan maksimal, nyawanya tidak tertolong," ujar Kepala Seksi Sanitasi dan Surveillance Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah dr Zainal Ilyas dalam keterangan tertulis kepada media kemarin (4/12). Setelah dimandikan, jenazah SHO disalatkan di Masjid Nabawi dan kemudian dimakamkan di lokasi pemakaman Baqi yang masih satu kompleks dengan Masjid Nabawi.

BPHI menyebutkan, selain SHO, tiga jamaah lain dalam kloter yang sama saat ini dirawat di BPHI Madinah dengan gejala mirip penyakit pneumonia. Bahkan, seorang pasien dirujuk ke RS King Fahd Madinah karena kondisinya makin mengkhawatirkan. "Mereka dirujuk dengan indikasi pneumonia. Dua orang masih dirawat di BPHI Madinah," kata Zainal.

Pemeriksaan sementara menyatakan tiga pasien itu masih negatif flu babi. Jika dalam 1-2 hari ke depan kondisi ketiga jamaah tersebut tidak menunjukkan peningkatan kesehatan, mereka akan dimasukkan kategori tanazul akhir. Yakni, akan diberangkatkan (dipulangkan) dengan kloter di belakang kloter 48 SOC karena keadaan darurat.

JAKARTA -- Kabar buruk menimpa jamaah haji Indonesia di Arab Saudi. Jamaah berinisial SHO, asal kloter 48 embarkasi Solo, meninggal dunia pukul 04.30

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close