Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lapas Lubuk Basung Digeledah Petugas, Ini yang Temukan

Jumat, 10 Desember 2021 – 07:25 WIB
Lapas Lubuk Basung Digeledah Petugas, Ini yang Temukan - JPNN.COM
Petugas melakukan penggeledahan kamar serta badan warga binaan di Lapas Lubuk Basung, Kamis (9/12). ANTARA/HO-KumhamSumbar

jpnn.com, LUBUK BASUNG - Tim gabungan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Barat menggeledah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung, Agam, Kamis (9/12).

Operasi di Lapas Lubuk Basung itu disampaikan Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Barang Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar Mubasirudin.

"Kami melakukan penggeledahan kamar warga binaan untuk memastikan lapas bebas dari peredaran narkoba dan barang terlarang," kata Mubasirudin saat dihubungi dari Padang.

Dalam operasi itu petugas menyita barang yang dilarang ada di dalam kamar warga binaan untuk dimusnahkan, yakni berupa korek api, besi, alat cukur, kartu ceki.

"Tidak ada temuan narkoba ataupun gawai (smartphone). Ini kabar baik untuk mewujudkan lapas yang bebas dari handphone, pungutan liar, dan narkoba," ucapnya.

Kendati demikian, Kanwil Kemenkumham tetap meningkatkan pengawasan guna mengantisipasi penyelundupan barang terlarang ke dalam lapas.

Sebab, ada beragam modus yang biasa digunakan para penyelundup, mulai dari menyembunyikan dalam makanan, melempar dari luar, dan lainnya.

"Oleh karena itu pegawai tidak boleh lengah. Pemeriksaan barang-barang atau makanan ke dalam lapas harus dilakukan secara teliti," ujar Mubasirudin. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Lapas Lubuk Basung digeledah petugas Kanwil Kemenkumham Sumbar, Kamis (9/12). Ini yang ditemukan dalma operasi itu.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close