Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lebih Arif Jika Airlangga Fokus Jadi Menteri Tanpa Rangkap Jabatan di Golkar

Senin, 11 November 2019 – 23:40 WIB
Lebih Arif Jika Airlangga Fokus Jadi Menteri Tanpa Rangkap Jabatan di Golkar - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Arbi Sanit mengatakan, Airlangga Hartarto seharusnya bisa memilih antara jabatan menteri koordinator (menko) perekonomian atau ketua umum Golkar.

Menurutnya, Airlangga bisa memilih jabatan menteri karena masih ada peluang untuk bersaing pada Musyawarah Nasional (Munas) Golkar lima tahun mendatang.

“Biar dia yang memilih, jadi ketua atau jadi menteri. Kalau saya jadi dia, ya pilih jadi menteri. Nanti kan munas berikutnya dia bisa maju lagi,” ujar Arbi saat dihubungi wartawan, Senin (11/11).

Menurut Arbi, moral merupakan hal penting dalam politik. Menurutnya, elite juga harus bisa memberikan contoh kepada rakyat.

“Dengan demikian dia tak melanggar etika demokrasi. Dia tidak jadi orang Golkar serakah, itu yang penting,” kara guru besar ilmu politik di UI itu.

Lebih lanjut Arbi mengatakan, Golkar seharusnya sudah tidak memborong jabatan seperti di era Orde Baru. Menurutnya, seorang pemimpin juga harus bertindak arif.

Tidak hanya kepentingan dia yang dipikir, tetapi kepentingan orang lain juga dilayani. Kalau dia memaksakan ya tidak Arif, itu otoriter jadinya,” ulas Arbi.(jpnn)

Airlangga Hartarto sebenarnya bisa memilih jabatan menteri karena masih ada peluang untuk bersaing untuk menjadi ketua umum Golkar pada Munas Golkar lima tahun mendatang.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close