Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Leony Prihatinkan Penanganan Bencana

Minggu, 31 Agustus 2008 – 10:14 WIB
Leony Prihatinkan Penanganan Bencana - JPNN.COM
JAKARTA - Berbagai bencana yang melanda Indonesia membuat pesinetron cantik Leony prihatin. Ia mengaku tidak mengerti mengapa bencana datang silih berganti di negeri ini. Mulai dari bencana alam hingga bencana yang berupa kecelakaan. Mulai dari gempa bumi, lumpur lapindo hingga kecelakaan kereta api maupun pesawat terbang.''Meski begitu, bencana seperti ini tidak untuk disesali. Tetapi membutuhkan pemikiran bersama bagaimana mencari penyelesaiannya,'' kata Leony berfilsafat.

Menurut Leony, kepedulian banyak orang terhadap bencana sebenarnya sudah cukup baik. Hanya saja, lanjut dia, manajemen untuk yang mengatur bantuan itu sendiri yang hingga kini belum ada. Sehingga, kesannya orang membantu korban bencana bersifat sporadis. Padahal kalau dimanaj dengan benar bisa dana bantua itu bisa dipergunakan secara berkesinambungan. ”Hidup kita itu sudah ada yang ngatur. Kalau kita bisa memilih dan memilah tentu kita tak mau kena bencana. Kita juga tak bisa memarahi orang karena bencana terjadi,” ujar Leony yang kini sedang sibuk mengurus usaha Bimbingan Belajar itu.

Menurut dia, untuk beberapa bencana sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara ilmiah, yaitu penelitian kenapa bencana itu terjadi. ”Beda bencana yang datang dari Tuhan. Itu tak bisa kita menduganya. Tapi untuk bencana yang masih bisa dijelaskan secara ilmiah, sebenarnya masih bisa diatasi untuk ke depannya. Pemerintah kayaknya kurang cepat mengatasi bencana-bencana yang sifatnya bisa diatasi,” bebernya.

Kendati begitu, Leony tak mau hanya menyalahkan pemerintah, namun semua komponen mempunyai peranan dalam mengatasi bencana. ”Indonesia ini kalau ada bencana, ramai-ramai kita peduli. Tapi sayangnya itu berlangsung singkat. Padahal, ada bencana-bencana yang kerap terjadi setiap tahun. Itu 'kan bisa ditanggulangani sebenarnya. Ya, ke depan kita tak bisa hanya saling menyalakan, tapi lebih kepada bagaimana cara memperbaikinya,” selorohnya sedikit berfalsafah.(gus/jpnn)

JAKARTA - Berbagai bencana yang melanda Indonesia membuat pesinetron cantik Leony prihatin. Ia mengaku tidak mengerti mengapa bencana datang silih

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close