Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Libur Sekolah, Menhub Minta Pemda Siaga

Jumat, 19 Juni 2009 – 18:53 WIB
Libur Sekolah, Menhub Minta Pemda Siaga - JPNN.COM
JAKARTA--Menjelang liburan sekolah, Menteri Perhubungan Jusman Syaifii Djamal meminta semua pemerintah daerah untuk siaga. Terutama daerah-daerah yang mempunyai tempat wisata. "Pemerintah daerah harus melakukan pengecekan terhadap lokasi-lokasi tersebut, terutama menjelang liburan sekolah ini," kata Jusman, dalam jumpa pers di gedung Departemen Perhubungan (Dephub), Jumat. Pemda diminta mengecek kendaraan-kendaraan objek wisata. "Kita melarang mobil angkutan barang untuk mengangkut penumpang, demi keselamatan penumpang," tambahnya.

Dephub memperkirakan terjadi kenaikan jumlah pengguna jasa transportasi, baik darat, laut maupun udara, sekitar 7 hingga 10 persen. Kenaikan pengguna jasa transportasi tersebut, diprediksi akan terjadi mulai 29 Juni ini, terutama untuk tujuan empat kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang ini, Dephub telah menaikkan kapasitas angkutan udara, darat, laut dan kereta api.

"Kita telah menyiapkan angkutan udara, darat, laut, dan kereta api  untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang yang bepergian liburan ini," kata Jusman. Peningkatan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada armada udara. Tahun ini jumlah penumpang udara diperkirakan melonjak hingga 4 juta orang. Sebelumnya, 2008 jumlah penumpang moda transportasi ini mencapai 3,8 juta orang.

"Kita menyediakan  5,1 juta seat. Tarifnya kita sesuaikan dengan Keputusan Menteri No.9/2002 tentang tarif batas atas kelas ekonomi," imbuh Dirjen Perhubungan Udara Dephub Herry Bakti. Selain itu,  Dephub juga telah menyiapkan 16 penerbangan carter dengan kapasitas seat sebanyak 947 penumpang.(lev/JPNN)

JAKARTA--Menjelang liburan sekolah, Menteri Perhubungan Jusman Syaifii Djamal meminta semua pemerintah daerah untuk siaga. Terutama daerah-daerah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close