Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Peringati Hari Kesaktian Pancasila

LIhat, KSAL Didampingi Jajarannya Berdiri Tegak & Memberi Hormat

Jumat, 01 Oktober 2021 – 22:45 WIB
LIhat, KSAL Didampingi Jajarannya Berdiri Tegak & Memberi Hormat - JPNN.COM
KSAL Laksamana Yudo Margono bersama Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dan para Pejabat Utama Mabesal mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Lobi Gedung Utama R.E. Martadinata, Mabesal, Jakarta Timur, Jumat (1/10). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dan para Pejabat Utama Mabesal mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual bertempat di Lobi Gedung Utama R.E. Martadinata, Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Jumat, (1/10).

Upacara hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan tegaknya Pancasila sebagai dasar dan landasan negara Indonesia yang telah dibuktikan dengan lolos dari makar pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tanggal 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan peristiwa G30S/PKI. Peristiwa itu telah mengakibatkan gugurnya tujuh pahlawan revolusi di sumur Lubang Buaya.

Dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo mengusung tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara diselenggarakan secara sederhana namun khidmat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Hal ini terlihat dari sedikitnya jumlah pasukan peserta upacara yang mengikuti upacara dari unsur TNI, Polri serta para undangan yang hadir.

Rangkaian pokok upacara peringatan meliputi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo, pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Pembacaan Naskah UUD RI Tahun 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Kemudian Pembacaan Ikrar oleh DPR RI Dr. (HC) Puan Maharani serta diakhiri pembacaan doa oleh Menteri agama H. Yaqut Cholil Qoumas.(fri/jpnn)

Upacara hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan tegaknya Pancasila sebagai dasar dan landasan negara Indonesia yang telah dibuktikan dengan lolos dari makar pemberontakan PKI.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close