Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Limbah Konveksi Batik Mencemari Kali Cimatuk

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 10:29 WIB
Limbah Konveksi Batik Mencemari Kali Cimatuk - JPNN.COM
Kali Cimatuk tercemar limbah. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Musim kemarau membuat warga dan petani di Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parungpanjang, Bogor, Jawa Barat, terpaksa memanfaatkan air Kali Cimatuk.

Salah satu warga Desa Gintung Cilejet Nurjaya (43) mengatakan, untuk semen­tara pihaknya sedang berupaya berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Gintung Cilejet agar mengirim bantuan air bersih. Tetapi hingga kini belum ada respons.

"Sekarang untuk menyiram tanaman, kami terpaksa meng­gunakan air dari Kali Cimatuk yang diduga tercemar limbah tekstil konveksi batik. Se­betulnya, warga meng­inginkan pengelola batik membuat penampungan yang memadai dan tidak membuang limbahnya ke dasar kali,” ujarnya.

BACA JUGA: Kali Tercemar Limbah, Banyak Ikan Sapu-Sapu Mati

Sementara itu, Pjs Kepala Desa (Kedes) Gintung Cilejet Maman Suherman menuturkan bahwa Kali Cimatuk tercemar limbah karena keberadaan perusahaan.

”Ada 19 RT, 5 RW yang meng­alami kekeringan. Sekarang karena air kalinya seperti itu, mereka ada yang ke MCK umum (sumur bor satelit),” tu­turnya.

Dia menegaskan, Kali Cimatuk yang tercemar limbah sudah tidak layak digunakan warga, tapi pencemaran limbah batik ini baru dugaan. Padahal pabrik batik itu sudah disegel oleh Satpol PP Kabupaten Bogor.

”Saya meminta perusahan batik itu membuat sumur resapan, jangan membuang limbahnya ke Kali Cimatuk, supaya tidak ada pencemaran seperti sekarang. Kami sudah melaporkan dengan mengirim surat ke perusahaan batik berdasarkan keluhan dari masyarakat sekitar,” katanya. (nal/pkl2/c)

Kali Cimatuk yang diduga tercemar limbah konveksi pabrik batik sudah tidak layak digunakan warga.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close