Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Malaysia Tutup 111 Sekolah Akibat Gas Beracun

Sabtu, 16 Maret 2019 – 02:38 WIB
Malaysia Tutup 111 Sekolah Akibat Gas Beracun - JPNN.COM
Polusi limbah beracun di Sungai Kim Kim, Johor, memaksa Malaysia menutup ratusan sekolah. Foto: Bernama

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Pencemaran limbah di Sungai Kim Kim, Kota Pasir Gudang, Johor, makin parah. Pemerintah terpaksa menutup 111 sekolah yang diduga terdampak gas beracun. Namun, desakan parlemen untuk menyatakan status darurat nasional belum dituruti.

Menurut Channel News Asia, penduduk yang terdampak polusi bahan beracun itu sudah mencapai 1.900 jiwa. Jumlah tersebut termasuk 390 orang yang masih dirawat di rumah sakit sejak gejala keracunan muncul 7 Maret lalu.

"Prioritas kami adalah keselamatan murid, guru, dan seluruh karyawan di sekolah. Kami terus menunggu kabar dari Kementerian Lingkungan Hidup," ujar Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik sebagaimana dilansir The Strait Times.

Legislator telah mendesak agar pemerintah segera menerapkan status darurat nasional. Dengan begitu, penanganan bencana itu bisa lebih intensif.

Namun, hal tersebut ditolak halus oleh Wakil Perdana Menteri Wan Azizah Wan Ismail. "Kami harus rapat lebih dulu untuk melihat opsi apa saja yang tersedia," ungkapnya.

Pemerintah memang cukup kalem dalam menangani masalah itu. Pada 10 Maret lalu, mereka sudah menangkap tiga tersangka yang diduga membuang limbah di jembatan yang melintasi Sungai Kim Kim 6 Maret lalu. Mereka terdiri atas pemilik pabrik bahan kimia, pemilik pabrik pembuangan limbah, dan pekerja pabrik pembuangan limbah.

"Saya rasa situasi masih terkendali," ujar Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menurut Reuters. (bil/c22/dos)

Pencemaran limbah di Sungai Kim Kim, Kota Pasir Gudang, Johor, makin parah. Pemerintah terpaksa menutup 111 sekolah yang diduga terdampak gas beracun

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close